Vaksinasi HPV untuk Siswi SMP di Gianyar
Vaksinasi HPV untuk Siswi SMP di Gianyar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Pemberian Vaksin Human Papilloma Virus (HPV) bagi anak-anak SMP dilaksanakan di halaman belakang Kantor Bupati Gianyar, Jumat (7/5/2021).

Turut hadir Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Gianyar sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Gianyar, serta Kepala Sekolah Menengah Pertama se-Kabupaten Gianyar.

Vaksin HPV adalah vaksin yang digunakan untuk melindungi tubuh dari infeksi human papilloma virus (HPV). Vaksin ini bisa diberikan kepada anak-anak yang memasuki masa remaja, baik perempuan maupun laki-laki, serta kepada orang dewasa yang belum pernah atau belum lengkap mendapatkan vaksin HPV.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan YKI cabang Gianyar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Gianyar memberikan vaksin HPV kepada siswi SMP se-Kabupaten Gianyar. Vaksinasi ini diberikan secara simbolis kepada 28 siswa SMP N 1 Blahbatuh serta akan dilakukan secara serentak kepada siswi SMPN di Kabupaten Gianyar oleh Puskesmas pengampunya.

Baca Juga :  Masyarakat Diimbau Laksanakan Upacara Atma dengan Bergotong Royong

Pemberian vaksin ini merupakan program rutin YKI Kabupaten Gianyar sejak tahun 2015. Pada tahun 2015 YKI cabang Gianyar telah memberikan vaksinasi kepada 1.120 orang anak dengan anggaran 728 juta, tahun 2016 sebanyak 1.458 orang anak dengan anggaran 1,02 miliar, tahun 2017 sebanyak 2.902 anak dengan anggaran 5 miliar lebih, tahun 2019 sebanyak 3.737 anak dengan anggaran 3,189 milyar.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra menambahkan, karena pandemi tahun 2020 program vaksinasi Human Papilloma Virus tidak bisa dilaksanakan. Pada tahun 2021 kembali dilaksanakan namun dengan sasaran yang lebih spesifik dengan skala prioritas. Jika sebelumnya vaksinasi HPV menyasar seluruh siswi SMP, tahun ini YKI Gianyar memprioritaskan anak-anak yang kurang mampu, anak-anak yang berprestasi, serta anak-anak yang memiliki keluarga riwayat kanker. Tahun 2021 ini tercatat sebanyak 169 orang anak penerima vaksin HPV.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini