TOSS Klungkung
TOSS Jadi Tempat Pendidikan dan Penelitian Pengelolaan Sampah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta membuka ruang bagi pengembangan Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center yang berlokasi di Kecamatan Dawan Klungkung menjadi tempat pendidikan dan penelitian pengelolaan  sampah. Guna mewujudkan harapan tersebut, peran perguruan tinggi sangat diharapkan dalam memberikan kajian secara teori dan akademis.

“Perguruan tinggi untuk bersama-sama, kita bisa saling melengkapi, karena saya yakin apa yang kita lakukan selama ini, tidak banyak teori yang bisa kita gunakan, tetapi kita lebih banyak langsung action melihat apa yang ada di lapangan,” kata Suwirta usai menyaksikan Penandatanganan Naskah Kerja Sama Operasional (KSO) antara Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung dengan Prodi Magister Sains Pertanian, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa pada Minggu (16/5) di TOSS Dawan, Klungkung.

Baca Juga :  ST Mekar Jaya Edukasi Lingkungan, Tukar Sampah dengan Beras

Menurut Suwirta, di TOSS Center sebenarnya sudah ada koperasi dan prosedur memilah sampah dengan benar. Termasuk mengolah plastik sehingga memiliki nilai ekonomis.

“Nanti juga ada unit usaha entrepreneur dan lain sebagainya, tentu tidak cukup sampai disana. Saya membuka ruang tempat ini bisa menjadi tempat edukasi,” tegasnya.

Prodi Magister Sains Pertanian, Universitas Warmadewa sebagai mitra diharapkan terus melakukan pengembangan dan uji coba kompos produk TOSS pada berbagai varietas tanaman. Hasil uji coba yang dilakukan diharapkan dilaporkan sesuai dengan data lapangan.

“Saya minta terus melakukan pengembangan ini dan mungkin lebih lanjut kalau ini berhasil kita kembangkan yang lain. Kita punya kawasan di sini, ada petani dan ada lahan 60 Ha untuk pengembangan kawasan organik,” ujar Suwirta.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini