Evaluasi
Sumber Foto : Istimewa

Anak Agung Gde Mayun menambahkan untuk mewujudkan tujuan tersebut beberapa program TPAKD telah dilaksanakan di Kabupaten Gianyar. Semenjak 2017 telah dilaksanakan program Kurda Gianyar yaitu program KUR yang didanai dari APDB Kabupaten Gianyar dimana penyalurannya dilaksanakan oleh Bank Daerah Gianyar.

Tahun 2021 juga telah disalurkan KUR bagi keluarga miskin yang terdata di Kabupaten Gianyar, bernama KUR Gianyar Aman Sejahtera memiliki syarat khusus untuk memudahkan masyarakat kurang mampu memperoleh layanan bantuan keuangan.

“Kedua program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan akses layanan bantuan keuangan kepada warga Gianyar,” kata Anak Agung Gde Mayun.

Ditambahkannya, untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat Covid-19, pemerintah menetapkan peraturan pelaksanaan terkait dengan subsidi bunga dalam bentuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 65/PMK.05/2020 tentang cara pemberian subsidi Bunga/ subsidi margin untuk kredit usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam rangka mendukung pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah menekankan skema subsidi bunga dimaksudkan untuk memastikn UMKM dapat bertahan di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Kementerian Sosial RI dan Ajik Krisna Bersatu Membuka Peluang Kerja Bagi Difabel di Bali

Tantangan yang dihadapi pemerintah adalah memastikan proses pencairan yang cepat namun efetif dalam waktu singkat. Untuk meningkatkan efektivitas implementasi akses layanan keuangan bagi debitur UMKM yang potensial, salah satunya menggunakan teknologi data yang melibatkan bank dan instansi/perusahaan terkait untuk melakukan pengelolaan data debitur.

Strategi yang dilaksanakan seperti: Pertama, dalam mengelola big data, pemerintah menggunakan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) yang meningkatkan kecepatan administrasi dan validasi serta memfasilitasi budget tracking. Kedua, pemerintah melibatkan bank dan perusahaan pembiayaan dengan rekam jejak yang baik, terdaftar di OJK sebagai penyalur pinjaman. Ketiga, pemerintah menerapkan register online melalui SIKP untuk kecepatan dan memperkenalkan pembayaran tanpa uang tunai dalam pencairan subsidi bunga. Keempat, pemerintah gencar melakukan sosialisasi.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News