Layangan
PLN Siap Amankan Keandalan Pasokan Listrik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Memasuki bulan Juni hingga Agustus, bermain layang–layang menjadi kegemaran masyarakat Bali. Mengantisipasi hal ini, General Manager PLN UID Bali, I Wayan Udayana menyatakan siap amankan gangguan listrik yang dapat diakibatkan oleh layangan yang menimpa jaringan listrik.

“Kami selalu siaga mengantisipasi terjadinya gangguan listrik yang umumnya kerap terjadi di musim layangan seperti tahun–tahun sebelumnya,” kata Udayana.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa di tahun 2020, tercatat jumlah gangguan akibat layang–layang sebanyak 291 kali. Sedangkan tahun ini hingga Mei 2021, sebanyak 14 kali gangguan listrik akibat layang–layang yang menempel pada jaringan PLN.

“Ketika terjadi gangguan yang mengakibatkan padam pada jaringan, petugas kami akan segera melakukan proses penormalan sesuai SOP yang berlaku antara lain memindahkan pasokan utama listrik dari Gardu Induk lain, sehingga padam jaringan tidak akan dirasakan lama oleh pelanggan,” ungkapnya.

Baca Juga :  KMHDI Kecam Aksi Bom Bunuh Diri di Makassar

Udayana menjelaskan, khusus pelanggan–pelanggan yang merupakan objek vital nasional seperti Rumah Sakit Umum dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dipastikan tidak mengalami padam saat terjadi gangguan.

“Sesuai SOP, khusus untuk Obvitnas telah terpasang fast automatic transfer switch yang mampu memindahkan sumber pasokan listrik dari satu jaringan ke jaringan yang lain jika terjadi gangguan. Sehingga Ketika satu jaringan gangguan, maka listrik bisa dialiri melalui jaringan lainnya,” jelas Udayana.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini