LKPD
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menerima Kepala BPK RI Perwakilan Bali beserta tim, terkait pertemuan akhir pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tabanan TA 2020, Senin (3/5/2021).

Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Tabanan, yang juga diikuti Sekda Tabanan, Inspektur  Tabanan, serta OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Dalam diskusi yang berlangsung santai tersebut, Kepala BPK RI Perwakilan Bali, Sri Haryoso Suliyanto, mengungkapkan, berdasarkan pemeriksaan LKPD Kabupaten Tabanan TA 2020 yang telah dilakukan oleh tim, sudah baik. Namun, hal itu perlu ditingkatkan kembali, sehingga pengelolaan keuangan di Pemkab Tabanan bisa lebih baik.

Dia memberikan arahan dan beberapa masukan, saran, sekaligus koreksi dan langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas laporan tersebut. Mengingat pada era saat ini, perkembangan sangat cepat, khususnya teknologi, sehingga diperlukan langkah-langkah yang strategis dan terbarukan dalam pengelolaan keuangan di suatu daerah.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Apresiasi Karya Ageng Bhatara Turun Kabeh di Pura Puseh Bale Agung Desa Adat Padangan

Terkait hal itu, Bupati Sanjaya mengucapkan terima kasih atas arahan, saran, dan masukan, serta langkah-langkah yang telah diberikan sebagai upaya meningkatkan kualitas laporan keuangan di jajaran Pemkab Tabanan.

“Selama 2020, kami sadari banyak kendala, sebagai dampak pandemi Covid-19. Refocusing dan realokasi anggaran dilakukan beberapa kali, sesuai kebutuhan penanganan Covid-19, sehingga dampaknya beberapa program dan kegiatan ditunda, serta diatur ulang pelaksanaannya,” ujar Sanjaya.

Selain itu, dampak besar juga dirasakan pada pendapatan asli daerah, dengan adanya penurunan realisasi PAD sebesar 11,7 persen pada 2020, dibandingkan realisasi tahun 2019. Untuk itu, beberapa catatan yang disampaikan oleh Kepala BPK beserta tim akan diupayakan sebaik-baiknya untuk ditindaklanjuti oleh seluruh perangkat daerah terkait di lingkungan Pemkab Tabanan. (ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News