PMI
Menaker Ida. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI, merencanakan membuka kembali penempatan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan.

Hal tersebut dilakukan seiring menurunnya angka kasus Covid-19 beberapa waktu belakangan ini. menurut keterangan, rencana tersebut akan berjalan apabila kondisi yang dipersyaratkan Taiwan telah terpenuhi, sebagai dasar penempatan kembali PMI disana.

Seperti informasi yang dikutip dari kemnaker.go.id, Kementerian Ketenagakerjaan berencana akan segera membuka Kembali penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri, khususnya ke Taiwan. Pembukaan penempatan akan memperhatikan angka kasus Covid-19 di Indonesia maupun di negara penempatan.

Dalam kesempatannya, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan, bahwa pihaknya telah menerima surat dari Ministry of Labour (MoL) Taiwan tentang rencana pembukaan penempatan PMI ke Taiwan. Salah satu syarat penempatan Kembali ke Taiwan adalah angka pertambahan kasus Covid-19 di Indonesia di bawah angka 5.000 orang/hari selama seminggu berturut-turut.

Baca Juga :  Mudik Keluarga Lancar, Simak Inspirasi Penggunaan Fitur Suzuki All New Ertiga Hybrid Cruise

“Pemerintah sangat serius dan terus bekerja keras menurunkan angka penularan Covid-19. Alhamdulillah pada 9 Mei kemaren, jumlahnya terus menurun menjadi 3.922 kasus baru Covid-19. Jika angka ini dapat terus kita tekan, maka penempatan PMI ke Taiwan dapat segera dibuka Kembali,” kata Menaker Ida melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker hari Selasa (11/5/2021).

Menaker Ida menjelaskan, ketentuan pembukaan penempatan PMI ke Taiwan tersebut berdasarkan pada pertemuan MoL Taiwan dengan CECC (Central Epidemic Command Center).

Untuk mempersiapkan rencana pembukaan penempatan ini, Menaker Ida telah meminta pihak-pihak terkait, seperti jajaran Kemnaker, P3MI, dan asosiasi P3MI untuk mempersiapkan diri sesuai dengan SOP. Ia pun menegaskan akan menindak tegas siapapun yang tidak menjalankan SOP dengan baik. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News