Kebun Raya Bali
Destinasi Wisata yang Ramah Keluarga. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Bali sebagai pulau yang sangat banyak memiliki objek wisata, selalu menyuguhkan fenomena alam terbaik untuk dinikmati. Salah satu objek wisata yang menyuguhkan fenomena alam tersebut, adalah Kebun Raya Bali. Selain menjadi tempat berwisata dan rekreasi, Kebun Raya Bali juga merupakan rumah bagi ribuan jenis flora yang ada di Bali.

Di sini, anda dapat juga menggali ilmu tentang tumbuh–tumbuhan unik yang ada di Bali. selain itu, Kebun Raya Bali juga merupakan kebun raya botanical terluas yang ada di Indonesia. Kebun Raya Bali merupakan paru-paru udara bagi Pulau Bali, objek wisata ini sangat cocok untuk kegiatan piknik bersama keluarga dan tempat refrensi untuk mempelajari tentang ilmu kehutanan. Udaranya yang sejuk, menjadikan tempat ini sebagai spot menarik wisatawan yang berkunjung bersama keluarga sebagai obat penghilang stress.

Baca Juga :  Tim Medis Polres Tabanan Laksanakan Pemeriksaan dan Pelayanan Kesehatan Keliling di Polsek Kediri

Kebun Raya Bali terletak di ketinggian 1.250 sampai 1.450 meter diatas permukaan laut, dan memiliki luas sekitar 157,5 hektar dan merupakan kebun raya terluas yang ada di Indonesia. Lokasinya yang berada di ketinggian, membuat destinasi wisata satu ini memiliki cuaca yang dingin dan berkabut. Suhu di Kebun Raya Bedugul Bali berkisar 12 derajat celcius di sore hari, dan 20 derajat celcius pada siang hari. Destinasi wisata yang satu ini berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturutu, Kabupaten Tabanan.

Untuk dapat mencapai lokasi, anda diharuskan menempuh jarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat kota Denpasar. Biaya masuk ke lokasi ini cukup terjangkau, cukup dengan Rp10.000 untuk wisatawan domestik, Rp17.000 untuk wisatawan mancanegara, biaya parkir untuk roda dua sebesar Rp3000, dan biaya parkir roda empat sebesar Rp6.000, jika anda menginginkan kendaraan anda masuk ke kawasan, akan dikenakan biaya ekstra sebesar Rp15.000 per kendaraan khusus roda empat. Kebun Raya Bali buka setiap hari, dari pukul 08.00 WITA sampai 18.00 WITA, ketika libur Hari Raya Besar Nyepi, lokasi wisata ini biasanya akan tutup untuk menghormati kegiatan keagamaan yang ada.

Baca Juga :  Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri, Lapas Tabanan Buka Kunjungan Keluarga

Kebun Raya Bedugul Bali, memiliki banyak keistimewaan. Terdapat beberapa spot menarik di tempat ini, diantaranya, Candi Bentar, Ramayana Boulevard, Kebun Mawar, Pemandangan Danau Beratan, Taman Anggrek, dan spot menarik lainnya untuk dikunjungi.

Pendirian Kebun Raya ini atas gagasan Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo pada tahun 1955. Tujuannya adalah sebagai tempat konservasi flora dan sebagai destinasi wisata keluarga.

Terdapat lebih dari 2.000 jenis spesies tanaman yang banyak diantaranya merupakan tumbuhan langka. Seiring berjalannya waktu, obyek wisata Kebun Raya Bedugul Bali ino menjadi obyek wisata favorit keluarga yang selalu dikunjungi saat akhir pekan, maupun saat libur anak–anak sekolah. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News