Pasar
Tanda Tangani Prasasti, Bupati Mahayastra Resmikan Pasar Desa Adat Bona. Sumber Foto : Istimewa

Mencegah kebakaran terulang, I Gusti Nyoman Gede Susila melarang pedagang membawa alat masak seperti kompor ke pasar. “Astungkara pedagang nyaman dan penghasilan pedagang juga meningkat, walaupun di tengah pandemi seperti sekarang ini,” ujar Dewa Susila.

Bupati Mahayastra mengatakan kebakaran Pasar Bona terjadi di penghujung tahun 2018, sehingga tidak bisa mengambil tindakan segera, mengingat tahun anggaran berjalan segera berakhir. Demi menjaga perasaan para pedagang dan menyatakan pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat, sehingga pemkab waktu itu memberikan bantuan sebesar 1 juta untuk semua pedagang. Adalah tugas pemerintah memberi keyakinan kepada masyarakat untuk bisa bangkit kembali, bahwa pembangunan pasar akan dikerjakan.

Baca Juga :  Upacara Ngaben Pande Ketut Krisna, Pencipta Kaos Barong yang Legendaris

Bupati Mahayastra mengatakan salut kepada masyarakat Bona, masyarakatnya santun, masyarakatnya satya, dan masyarakatnya percaya kepada pemerintah, sabar menunggu perbaikan.

“Bekerjalah kita sesuai dengan keyakinan, sesuai kewajiban, karena kita bekerja membantu sesama, membantu pedagang, membantu petani, membantu semuanya yang bisa kita bantu, yang bisa dikerjakan,” ujar Bupati Mahayastra.

Ditambahkannya, kalau kebijakan kita benar maka banyak orang yang akan merasakannya, seperti pasar ini dapat terwujud serta banyak yang merasakan manfaatnya, seperti pedagang lebih sejuk walaupun penjualannya masih belum meningkat dikarenakan pandemi.

Sebagai Bupati Gianyar dirinya sudah mengeluarkan kebijakan, pertama vaksin sistem banjar sudah akan sampai ke Desa Bona. Target nasional 70%, namun target di Gianyar 90%. Ubud sebagai percontohan pariwisata hijau, sekolah-sekolah sudah mulai dibuka, operasional pasar-pasar sudah mulai normal, sekarang tinggal memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan untuk melawan pandemi ini.

Baca Juga :  Kinerja Dunia Usaha Bali Tetap Kuat Meskipun Sedikit Menurun di Triwulan I 2024

Tidak lupa Bupati Mahayastra berharap supaya pandemi segera berlalu serta perekonomian kembali berputar. Seperti pasar yang mampu menggerakkan roda perekonomian Kabupaten Gianyar secara khusus, dan Bali pada umumnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News