PTM
PTM di Jembrana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas jenjang SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Jembrana resmi di-launching Bupati Jembrana I Nengah Tamba.

Launching ditandai pembukaan tirai di SMP Negeri 1 Negara dan SD Negeri 1 Baler Bale Agung, Rabu (5/5/2021). Sebelumnya Bupati Tamba didampingi Pj Sekda Jembrana I Nengah Ledang dan sejumlah OPD terkait, terlebih dulu mengecek kesiapan sekolah terkait pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan.

Diantaranya fasilitas kesehatan (UKS), fasilitas cuci tangan dan ruang kelas. Pelaksanaan PTM di Jembrana menerapkan sistem blended learning, yakni 50% siswa mengikuti pembelajaran tatap muka, 50% siswa lainnya mengikuti secara daring.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengatakan, dibukanya PTM (Pembelajaran Tatap Muka) sudah melalui diskusi dan kajian yang panjang. Sebelumnya dalam koordinasi dengan Gubernur Bali juga telah mengijinkan terkait akan diberlakukannya PTM di Jembrana, akan tetapi dengan catatan harus dilakukan pengawasan dan monitoring dari guru terhadap murid dalam hal disiplin protokol kesehatan.

Baca Juga :  Pertama di Bali, Seribu UMKM Jembrana Dapat Sertifikat Halal

“Adapun indikator utama yang mendasari pelaksanaan pembelajaran tatap muka ini, diantaranya adanya keluhan masyarakat terhadap pembelajaran daring yang tidak bisa terlaksana secara optimal, keterbatasan kemampuan orang tua dalam melakukan pendampingan belajar di rumah, hilangnya humanisme guru dengan siswa selama pelaksanaan belajar secara daring, para orang/wali murid mengijinkan pelaksanaan PTM secara terbatas dan sebagian besar guru dan tenaga kependidikan juga sudah mendapatkan vaksinasi sehingga diharapkan memiliki imunitas yang bagus ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas,” ujar Tamba.

Disamping hal itu, Bupati Tamba juga menjelaskan, dibukanya PTM di Jembrana juga tak lepas dari menurunnya kasus Covid-19 di Jembrana. Bahkan dalam akhir-akhir ini Jembrana nihil kasus positif Covid-19.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News