Anjungan Tunai Mandiri
Pemkab Buleleng Terima Mesin ADM dari Kemendagri RI. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Berkat raihan prestasi dan penghargaan yang diterima dalam bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali menerima mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Selanjutnya, mesin ADM ini akan ditempatkan di Kantor Camat Gerokgak.

Hal itu terungkap dalam audiensi yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Buleleng dengan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di Rumah Jabatan Bupati, Rabu (28/4/2021).

Ditemui usai menerima audiensi dari Disdukcapil, Agus Suradnyana menjelaskan mesin ADM ini merupakan bentuk penghargaan karena Disdukcapil telah berprestasi dan memenuhi target dari Kemendagri RI. Alat ini berguna untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Seiring dengan dibukanya Pasar Banyuasri, awalnya mesin ADM ini akan ditempatkan di sana. Namun, berdasarkan analisis dari tim, ada beberapa kendala yang menyebabkan mesin tersebut tidak bisa ditempatkan di Pasar Banyuasri.

“Tapi karena ada persoalan terhadap kabel fiber optic kemudian dengan jaringan internet yang belum cepat dan sumber daya manusia (SDM) belum lengkap, diputuskan yang pertama untuk dipindahkan ke Kantor Camat Gerokgak,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemkab Buleleng Siap Mendukung Penuh Pilkada Serentak 2024

Ada beberapa alasan kenapa ditempatkan di Kecamatan Gerokgak. Pertama, letak Kecamatan Gerokgak yang jauh dari pusat pemerintahan dan Kantor Disdukcapil Buleleng. Kemudian, Kantor Camat Gerokgak berdekatan dengan fasilitas umum seperti pasar. Sehingga, pelayanan masyarakat semakin cepat dan mudah. Dengan begitu, pelayanan kependudukan bisa berjalan lebih efisien dari segi waktu.

“Penyiapan data pendukung juga tidak harus bolak-balik terlalu jauh,” ucap Agus Suradnyana.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News