LPD
Penguatan LPD Sebagai Soko Guru Perekonomian Desa Adat di Bali. Sumber Foto : aar/bpn

“Seperti halnya pandemi Covid-19 ini, diharapkan SDM tersebut mampu berinovasi untuk membangun LPD tersebut. Karena kebanyakan LPD yang tidak berkembang adalah LPD yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rai Astika mengharapkan dapat membangun sistem pengawasan berbasis risiko di tingkat LPD.

“Astungkara kami masih berjuang di tahun 2021 ini, dapat membangun Sistem Pengendalian Internal (SPI) yang kuat di setiap LPD. Sehingga, dapat memperkuat sistem pengawasan dan mendorong LPD mempunyai panureksa untuk melakukan pengawasan internal,” paparnya.

Dalam sesi sama, tips kesuksesan pengelolaan LPD sebut Wayan Rayun selaku Kepala LPD Kesiman Denpasar mengatakan, bahwa secara teknis LPD harus memanfaatkan teknologi karena mempercepat proses dan layanan, juga meningkatkan sistem panureksa (pengawasan) internal.

Baca Juga :  Komunitas Honda Stylo 160 Resmi Terbentuk, Siap Gabung di HCB

“Teknologi IT akan membawa keuntungan termasuk aplikasi samsat online, ATM, penjualan token dan pembayaran listrik, PAM (pembayaran air) dan lainnya selain itu juga memperkuat sistem pengawasan internal oleh panureksa dan setiap akhir tahun kita menunjuk auditor publik untuk mempertanggungjawabkan kinerja LPD,” tandas Wayan Rayun. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News