UMKM
UMKM Bali harus perhatikan 3 aspek ini untuk Go Global. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR Usaha Kecil Menengah (UMKM) diprediksi menjadi sektor kunci pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi. Namun, tantangan tetap ada sehingga dibutuhkan kejelian dari para pengusaha bisnis untuk menangkap momentum. Hal ini mendorong JNE Express sebagai mitra UMKM untuk mendukung pengusaha UMKM go digital dan go global.

JNE Express mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 yang diadakan di 59 kota di seluruh Indonesia. Mengusung tema “Goll…Aborasi Bisnis Online 2021” diharapkan UMKM di Indonesia, khususnya Bali dapat mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional dan global.

Baca Juga :  Peluncuran Program TPAKD Kota Denpasar: Kredit/Pembiayaan Sektor Prioritas Pertanian, Simpanan Pelajar, dan UMKM Bali Nadi Jayanti

“Pandemi telah memaksa pelaku usaha untuk bertransformasi ke digital. Bagi sektor UMKM hal ini bisa menjadi momentum untuk go global. Hal ini yang membuat adanya optimisme bahwa sektor UMKM dapat menjadi titik balik perekonomian nasional,” kata Eri Palgundi, VP of Marketing JNE dalam webinar virtual pada Senin (1/3/2021).

Eri melanjutkan, terdapat tiga tantangan yang perlu dihadapi oleh pelaku usaha untuk dapat go global. Pertama adalah akses informasi untuk membangun produk yang kreatif dan berbeda. Kedua, pengaturan keuangan atau akses permodalan. Ketiga, akses distribusi khususnya logistik. Karena itu, dibutuhkan kolaborasi antara stakeholder untuk mendukung UMKM dalam negeri bersaing di dunia internasional.

Baca Juga :  APBD Induk Tahun 2024, Pemkot Denpasar Prioritaskan Pembangunan Gedung di 11 Sekolah

“JNE memiliki fokus untuk membantu UMKM berkembang melalui berbagai program, seperti seminar seputar packagingdan digital marketing. Tidak hanya itu, kami juga berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan Pelita Bali, perusahaan daerah yang menaungi UMKM di Bali untuk mencari UMKM yang berpotensi untuk berkembang,” tambah I Made Wawan Kurniawan, Deputy Branch Head JNE Denpasar.

Tentu saja, kolaborasi juga harus beriringan dengan strategi pemasaran yang kuat. Niluh Putu Ary Pertami Djelantik, Founder & Creative Director NILUH DJELANTIK mengatakan, kunci untuk memperkuat brand ada pada human touch dan berpegang teguh pada nilai serta filosofi perusahaan.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News