Tumpek Uduh
Sumber Foto : ana/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG “kaki kaki, i dadong dija? Dadong jumah gelem kebus dingin ngetor. Ngetor nged, nged, nged, nged, buin selae lemeng”

Di dalam pantun tersebut terdapat kata ‘nged’ yang artinya banyak berbuah. Jadi, pantun tersebut memiliki harapan agar tumbuhan berbuah lebat, karena akan digunakan untuk hari suci Galungan

Tumpek Uduh yang jatuh pada Saniscara Kliwon Wariga, disebut hari inti. Di hari tersebut Tuhan memberikan anugerah kepada umat manusia di dunia. Tumpek Uduh ini juga disebut Tumpek Wariga, Tumpek Bubuh atau Pengatag, dirayakan setiap 6 bulan sekali di hari Saniscara (Sabtu) Kliwon, wuku Wariga, tepat 25 hari sebelum Hari Raya Galungan.

Pemujaan pada Tumpek Uduh adalah persembahan kepada manifestasi Tuhan sebagai Dewa Sangkara penguasa tumbuh-tumbuhan. Momentum ini sangat baik untuk manusia begitu pentingnya tanaman dan alam dalam arti yang sangat luas, sehingga menjadi harmoni dalam kehidupan ini.

Baca Juga :  Sedana Arta Pimpin Rombongan Penganyar Pemkab Bangli ke Pura Ulun Danu Batur

Pelaksanaan Tumpek Uduh ini merupakan wujud pelaksanaan ajaran Tri Hita Karana (tiga hubungan harmonis penyebab kebahagiaan), yaitu hubungan harmonis antara manusia dengan alam (tumbuh-tumbuhan) sehingga pada hari jatuhnya perayaan Tumpek Uduh, umat Hindu tidak diperbolehkan menebang pohon bahkan dengan kemauan sendiri, masyarakat Hindu di Bali tidak memetik buah, bunga, dan daun.

Hal inilah yang menjadi tujuan pelaksanaan ritual Tumpek Uduh untuk memberikan cerminan pada masyarakat agar lingkungan alam dilestarikan, karena manusia tidak bisa hidup tanpa lingkungan alam (tumbuh-tumbuhan). Memang alam semesta memiliki kekuatan tersembunyi, yang bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar, seperti aset pepohonan tropis, tanaman-tanaman yang banyak di sekitar kita. kalau kita bisa memanfaatkan dengan baik, akan membuat sejahtera dan berpengaruh positif dalam kehidupan kita, tapi kalau kita pergunakan dengan tidak baik akan merugikan dan berpengaruh negatif bagi kehidupan.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News