Pajak Untuk Vaksin
Talkshow Pajak Untuk Vaksin. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) merupakan instistusi pemerintah yang bertugas menghimpun penerimaan negara. Pendapatan negara dari sektor perpajakan memberikan kontribusi sebesar 81% dari total pendapatan negara dalam APBN. Pada APBN 2021 pemerintah telah menganggarkan Rp627,9 triliun untuk penanganan Covid dari total Rp2.750 triliun total anggaran tahun 2021.

Yang terjadi saat pandemi menyerang Indonesia, usaha-usaha tutup, penjualan berkurang, tidak ada penghasilan, sehingga tidak ada pajak yang disetorkan. Akibatnya penerimaan negara dari sektor pajak menurun, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kanwil DJP Bali Goro Ekanto dalam talkshow yang ditayangkan secara live pada kanal youtube Kanwil DJP Bali, Senin (22/3/2021).

Baca Juga :  Kegiatan Spesial Selama Bulan Ramadhan di Pertamina Mandalika International Circuit

Lebih lanjut Goro menyampaikan bahwa fokus utama pemerintah saat ini ialah menangani pandemi Covid-19 yang dananya diperoleh sebagian besar dari penerimaan pajak. Dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi pemerintah telah mengeluarkan berbagai insentif perpajakan seperti insentif PPh Pasal 21, insentif pajak UMKM, dan kemudahan restitusi serta pengajuan pengurangan PPh pasal 25.

“Pemberian insentif ini sebagai respon dari pemerintah atas menurunnya produktivitas para pelaku usaha. Dengan harapan dapat memberikan stimulus pagi perekonomian Indonesia. Ekonomi bergerak, perekonomian terjaga, bersama kita berhasil keluar dari pandemi,” ujarnya.

Baca Juga :  Cuaca Ekstrem di Bali Berlalu, PLN Tetap Siaga Prioritaskan Listrik Pelanggan Tetap Andal

Goro Ekanto juga menyampaikan harapannya agar wajib pajak dapat lebih patuh dalam menunaikan kewajiban perpajakannya.

Dalam acara tersebut, dr. Cokorda Agung Wahyu Purnamasidhi menyampaikan bagaimana peran pajak dalam membiayai segala keperluan penanganan Covid-19 dari awal pandemi hingga sekarang seperti penyediaan sarana dan prasarana kesehatan, biaya perawatan pasien, dan pengadaan vaksin.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News