Petani
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Ny Putri Koster berkesempatan mengunjungi petani sayur dan ikut memanen daun pere (daun bawang) serta mentimun di lahan petani sayur di Bedugul, Tabanan, Minggu (7/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut, pendamping orang nomor satu di Bali itu mengingatkan para petani untuk bisa menjadi tuan rumah di wilayah sendiri dengan cara memasok kebutuhan pokok masyarakat Bali.

“Hasil tanah Bali ini sangat subur, petani-petani kita menanam dan memanen hasil bumi yang berkualitas. Harusnya masyarakat kita yang pertama menikmati,” bebernya seraya mengapresiasi langkah para petani yang menggunakan sistem organik.

Apalagi hasil pertanian ini sudah menembus restoran-restoran besar seperti McD, AW, Hokka-Hokka Bento dan restoran sejenis lainnya. “Kalau sudah masuk ke restoran sekelas itu, kan pasti sudah berkualitas produk kita. Masyarakat kita juga harus ikut menikmati,” imbuhnya sambil meminta agar memasok ke semua pasar tradisional di Bali.

Baca Juga :  Bupati Buleleng: Jaga lahan, Buleleng Siapkan Reward Petani

Masalah pemasaran, Ny Putri Koster mengatakan bahwa Pemprov Bali melalui inisiatif Gubernur Wayan Koster sudah mengeluarkan Pergub Bali No. 99 tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali. Jadi memang melalui peraturan itu pemerintah mewajibkan setiap industri di Bali menggunakan produk lokal.

“Nah tugas petani di sini hanya menanam dan melestarikan hasil bumi Bali, jangan tergiur untuk menanam apa yang lagi ngetren di luar sana. Karena belum tentu di sini diperlukan,” tambahnya.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here