Hari Air Dunia
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Guna memperingati Hari Air ke-29 tahun 2021, dilakukan penanaman pohon di Bendungan Tamblang, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Penanaman pohon ini juga dihadiri secara virtual oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Hari ini kita melakukan penanaman pohon yang juga dihadiri oleh pihak Kementerian terkait secara virtual,” ujar Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra saat ditemui usai menghadiri kegiatan tersebut, Senin (22/3/2021).

Baca Juga :  Penyidik Kejari Buleleng Segera Periksa Tersangka Dugaan Korupsi LPD Anturan 

Sutjidra menjelaskan setiap infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah pusat dilakukan penghijauan pada Hari Air Dunia ini. Termasuk Bendungan Tamblang. Sebanyak 300 pohon ditanam di areal Bendungan Tamblang. Pohon-pohon yang ditanam merupakan pohon produktif seperti mangga, durian dan manggis.

“Tinggi dari pohon yang ditanam sudah mencapai satu meter,” jelasnya.

Dengan penanaman pohon ini diharapkan konservasi air khususnya di Bendungan Tamblang bisa terjaga. Bisa menghindari adanya sedimentasi. Sehingga kualitas air bisa terjaga. Bendungan Tamblang juga diharapkan oleh seluruh masyarakat Buleleng sebagai sarana penyediaan air baku. Khususnya kebutuhan air pada kecamatan yang ada di wilayah timur bisa terpenuhi. Hari Air Dunia juga dijadikan momentum untuk menjaga lingkungan dan ketersediaan air.

“Dengan konsep kita di Bali yaitu Tri Hita Karana. Saat penanaman ini kita menjaga hubungan dengan alam. Kita jaga air dengan menanam pohon sehingga mencukupi untuk kehidupan,” ucap Sutjidra.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini