Sarkofagus
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Sebuah benda diduga cagar budaya ditemukan di Dusun Gunung Sari, Desa Tegallinggah, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Benda tersebut berbentuk sarkofagus.

Penemuan tersebut dibenarkan oleh Kepala Dusun Gunung Sari Wayan Wartawan saat Dinas Kebudayaan (Disbud) Buleleng mendatangi lokasi penemuan, Senin (22/3/2021).

Wayan Wartawan mengatakan sarkofagus ini sebenarnya telah ditemukan sebulan yang lalu. Sebelumnya, juga pernah ditemukan beberapa sarkofagus. Namun, kondisi saat ditemukan sudah rusak pada beberapa titik.

“Sarkofagus yang baru ini sebulan lalu sudah ditemukan oleh warga. Ini melanjutkan apa yang telah ditemukan sebelumnya. Tetapi yang sebelumnya sudah rusak,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Buleleng Minta Dinkes Tetap Layani Masyarakat Secara Maksimal

Menurut warga yang menemukan sarkofagus ini Gede Rediawan, sarkofagus ditemukan saat dirinya ingin membuat bataran pelinggih. Ketika sedang menggali tanah, ditemukan kondisi seperti keras dan bertepi. Semakin dalam digali, terlihat jelas sarkofagus tersebut dengan kondisi yang masih utuh dan sangat baik.

“Awalnya saya menggali untuk bataran pelinggih. namun ada yang terasa keras dan bertepi. Ternyata ada sarkofagus didalamnya,” ujar dia.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini