Barista
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra meninjau Pelatihan Barista Gianyar Aman, didampingi Ketua WHDI Kabupaten Gianyar Ny. Diana Dewi Agung Mayun, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar Luh Gede Eka Suary, serta Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar Dewa Ngakan Manuaba di Kori Maharani Villa and Resort, Jumat (26/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan Pelatihan Barista Gianyar Aman merupakan gagasan darinya selaku ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar bekerja sama Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar dalam program PKH (Pendidikan Kecakapan Hidup). Dimana program PKH memberikan kesempatan kepada anak-anak muda generasi milenial. Pelatihan Barista ini dilaksanakan selama 20 hari. Para peserta dari kalangan Sekolah Pariwisata, SMK, kampus-kampus pariwisata, hotel dan kalangan profesional yang ada di Kabupaten Gianyar.

Baca Juga :  Buka Mobile IP Clinic 2024, Sekda Dewa Indra Dorong Layanan Pencatatan Kekayaan Intelektual Jemput Bola ke Masyarakat

Ny. Surya Adnyani Mahayastra sangat mengapresiasi karena peserta sangat serius serta antusias sekali dalam mengikuti pelatihan tersebut. Tentu dalam kondisi pandemi Covid-19, ini merupakan modal untuk mereka menjadi wirausaha-wirausaha muda ataupun interpreneur muda sehingga diharapkan adanya generasi muda yang memiliki skill yang handal, dan mandiri.

Dalam hal ini kecakapan barista yang merupakan sebuah skill meracik kopi karena saat ini tidak hanya orang tua saja yang minum kopi namun saat ini kalangan anak mudapun banyak penikmat kopi. Sehingga banyak cafe, coffee shop ataupun kedai kopi yang kita lihat di sepanjang jalan. “Karena ini sudah menjadi trennya anak muda, sehingga inilah yang menjadi dasar kami membuat pelatihan Barista yg berbasis kompetensi,” ujar Ny. Surya Adnyani Mahayastra.

Baca Juga :  Taman Safari Indonesia Hadirkan Bali Royal Chilli Festival 2024, Kupas Resep Sambal Legendaris Kerajaan di Bali

Sementara itu, Kadis Pendidikan Gianyar I Wayan Sadra mengatakan, dalam pelatihan ini instrukturnya juga telah memiliki kompetensi di bidangnya bahkan sudah sebagai asesor. “Sehingga para instruktur ini sangat tepat untuk melatih adik-adik kita ini,” ujar Sadra.

Setelah Pelatihan Barista ini selesai diharapkan para peserta bisa bekerja di cafe, hotel, bar dan lain-lain, bahkan dapat membuka usaha cafe atau coffee shop.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News