Rumah BUMN
Sumber Foto : Istimewa

Hanitianto Joedo saat memberikan materi banyak menjelaskan mengenai proyeksi bisnis, tujuan pemberian materi ini adalah agar pelaku UMKM dapat mengelola bisnisnya dengan baik dan benar dan secara khusus mengetahui tolak-ukur keberhasilan atau kegagalan bisnisnya.

“631 Pelaku UMKM yang saat ini terdaftar di Rumah BUMN Denpasar bergerak di sektor kuliner, fashion, craft dan perdagangan, sehingga materi yang kami sampaikan sasarannya untuk meningkatkan pengetahuan mereka dalam pengelolaan bisnis hingga mengukur kinerja bisnis mereka,” jelasnya.

Peningkatan kapasitas UMKM juga dapat diukur dari teknik pemasarannya, dari data Rumah BUMN Denpasar saat ini terdapat 47% yang telah memiliki toko di marketplace. Pun penggunaan media sosial sebagai wadah promosi dilakukan 63% anggota Rumah BUMN Denpasar.

“Secara perlahan kami berharap agar pelaku UMKM tidak hanya menjadi pedagang saja, namun juga mampu memberikan nilai tambah dan berinovasi pada produk-produknya sehingga nantinya mampu mengembangkan usaha dan kapasitas personal menjadi entrepreneur yang bisnisnya berkelanjutan dan berjalan dalam jangka panjang,” pungkasnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Terima Kunjungan Pihak Kemenlu RI, Bahas Peluang Sister City Kota Denpasar Dengan Kota Zadar, Kroasia

Salah satu pelaku UMKM, Witoyo pemilik usaha Deesen, yang turut mengikuti acara sore itu mengatakan bahwa tahun 2020 merupakan tahun yang sulit sehingga revenue usahanya turun hingga lebih dari 60% dibandingkan dengan tahun 2019. “Usaha kami bergerak di bidang Kerajinan untuk perhotelan dan kami juga banyak berkonsultasi dengan Rumah BUMN Denpasar yang mempertemukan pelaku usaha lainnya untuk bertukar ide dan semangat,” katanya.

Tidak hanya Rumah BUMN, untuk terus mendukung UMKM, PLN meluncurkan produk “Super Hemat UMKM”, dengan harga spesial Biaya Penyambungan Tambah Daya yang diberikan khusus kepada merchant/mitra bisnis dari e-commerce/marketplace yang bekerjasama dengan PLN tanpa pembelian alat electronik apapun.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News