Nyepi
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Guna mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19 dan mencegah terjadinya klaster baru, Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1943 di Kabupaten Buleleng menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Hal itu dilakukan dengan merujuk Surat Edaran (SE) Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali Nomor: 009/PHDI-Bali/1/2021 dan juga SE Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali Nomor: 002/MDA-Prov Bali/1/2021.

“Sesuai Dengan SE PHDI dan juga SE MDA Provinsi Bali, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng beserta TNI/Polri dan juga Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Buleleng sepakat rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1943 harus menerapkan prokes yang ketat,” ujar Asisten Pemerintahan dan kesejahteraan Setda Buleleng Ida Bagus Suadnyana usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan rangkaian Hari Suci  Nyepi Tahun Baru Caka 1943 dan peringatan Isra Mi’raj di Command Center Polres Buleleng, Rabu (10/3/2021).

Suadnyana menjelaskan terkait pelaksanaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1943, telah dilakukan koordinasi dan komunikasi bersama Desa Adat se-Kabupaten Buleleng. Untuk melakukan pembahasan bersama. “Kami sudah melakukan langkah koordinasi dan komunikasi bersama Desa Adat untuk membahas rangkaian Hari Suci Nyepi dari upacara pemelastian hingga ngembak geni,” jelasnya.

Baca Juga :  PJ Gubernur Bali Ajak Masyarakat Bali Perkuat Dharma Agama dan Dharma Negara di Dharma Santi Nyepi Tahun Saka 1946

Lebih lanjut, semua kegiatan pelaksanaan Hari Raya Nyepi yang diawali dengan Melasti, Tawur Agung, Nyepi hingga Ngembak Geni dilakukan dengan prokes ketat. Agar tidak menimbulkan penularan Covid-19. “Sama seperti perayaan Nyepi tahun lalu akan dilakukan prokes yang ketat guna mengantisipasi terjadinya klaster,” ucap Suadnyana.

Sementara itu, pimpinan rapat AKBP I Made Sinar Subawa mengatakan rapat koordinasi perayaan Hari Raya Nyepi Caka 1943 bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam memberikan pengamanan. Utamanya saat umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News