Inflasi
Sumber Foto : Istimewa

Ekonom Ahli Fungsi Implementasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Daerah Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bali, Donny Heatubun menyarankan Tim TPID Klungkung dapat memanfaatkan website Bank Indoenesia untuk memonitor perkembangan harga bahan baku makanan, sedangkan untuk mengatasi harga komoditas cabai, masyarakat Klungkung dapat melakukan Penanaman cabai di halaman rumah mereka.

“Harga mencerminkan jumlah ketersediaan bahan baku makanan,” ujar Donny Heatubun.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam arahannya menyampaikan bahwa dalam menekan Inflasi semua pihak harus bergerak bersama. Pemkab Klungkung juga sudah melakukan percobaan dengan melakukan penanaman kedelai dan padi dengan menggunakan pupuk organic dengan hasil yang lebih bagus dari menggunakan pupuk kimia.

Dirinya menambahkan bahwa PKK Kabupaten Klungkung juga sudah melakukan penanaman cabai melalui Program Hatinya PKK dan melalui Program UP2K akan melakukan pengolahan Cabai menjadi saos.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

“Apabila ingin menekan inflasi, kita semua harus berproses,” ujar Bupati Suwirta.

Terkait inovasi yang dimiliki oleh Pemkab Klungkung yakni inovasi bima juara, Bupati Suwirta memerintahkan Dinas terkait untuk bergerak di hilir dengan memberdayakan KUD, Supermarket dan pasar tradisional yang ada di Klungkung. Bupati Suwirta juga menugaskan Tim TPID agar terjun ke lapangan untuk memonitor komoditi bahan pokok di Kabupaten Klungkung.

“Untuk menekan inflasi harus ada intervensi dari pemerintah dan proses hulu hilir,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BPS Klungkung Ir. A.A.A. Raka Suarningsih serta undangan terkait lainnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News