Inflasi
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNGBupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra menghadiri Rapat High Level Meeting (HLM) dan Capacity Building TPID Kabupaten Klungkung bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (23/3/2021).

Rapat Tersebut diadakan dalam rangka Antisipasi menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan Tahun 2021.

Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra selaku Ketua Harian TPID kabupaten Klungkung menyampaikan, sudah menugaskan beberapa instansi diantaranya Dinas Pertanian untuk melakukan pembinaan Bima Juara antara subak dan KUD serta monev penyerapan gabah petani dan penyaluran beras lokal dilakukan karena banyak subak yang memasuki musim panen pada Bulan Maret.

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, ditugaskan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan pekarangan (Gema Pekarangan) di setiap rumah tangga melalui kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) untuk memenuhi kebutuhan/konsumsi pangan ditingkat keluarga. Pemantauan/monitoring ketersediaan (stok) dan harga, serta melakukan diversifikasi pangan lebih ditingkatkan dengan pelatihan pengolahan dan sosialisasi konsep B2SA (Beragam Bergizi Seimbng dan Aman).

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, ditugaskan pemantauan / monitoring harga sembako di pasar umum (beras, minyak goreng dan gula), optimalisasi peran Holding company dalam stabilisasi harga, dan meningkatkan peran Koperasi yang menyalurkan beras lokal ( Bima Juara) dalam upaya stabilisasi harga beras.

Dan menugaskan Dinas Perhubungan, melakukan pemantauan dan memberikan prioritas penyeberangan terhadap kendaraan yang mengangkut bahan pangan dan barang kebutuhan pokok masyarakat di Nusa Penida untuk mencegah terjadinya kelangkaan bahan pokok untuk masyarakat.

Terkait harga Cabai yang tinggi, Ketua Harian TPID kabupaten Klungkung sudah menugaskan Dinas Pertanian untuk melakukan pengoptimalan pembangunan infrastruktur pertanian serta memperhatikan musim tanam dengan trend kenaikan harga bahan pangan terutama komoditas cabai. Membuat demplot cabe seluas 30 are dibantu Saprodi, memantau subak-subak yang sedang menanam dan akan menanam cabai untuk mengantisipasi harga dibawah standar harga jika musim panen raya tiba.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News