Sumber Foto : Istimewa
Dubes India untuk Indonesia Kunjungi Gianyar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Duta Besar India untuk Indonesia, H.E. Mr. Manoj Kumar Bharti mengunjungi beberapa UMKM yang ada di Gianyar. Kunjungannya pada Kamis (18/3/2021) di Pertenunan Putri Ayu disambut baik Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya bersama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar Luh Gede Eka Suary yang menyambut Dubes India, nampak senang dan bersemangat menantikan kebangkitan usaha UMKM di Gianyar.

“Kondisi pandemi menyebabkan sektor UMKM terpukul, dengan kedatangan Dubes India ke pengerajin kita di Gianyar tentu akan memberi manfaat yang luar bisa. Sehingga memotivasi pengerajin agar lebih percaya diri untuk melanjutkan produksinya,” harap Sekda Wisnu Wijaya.

Ditambahkannya, berdasarkan hasil komunikasi dengan Kedutaan India, mereka siap melaksanakan kerja sama dan membantu dari sektor pemasaran. Karena jika dilihat dari proses pengerjaan Kain Endek Khas Bali dan hasilnya hampir sama dengan Kain Sari yang ada di India.

Baca Juga :  Taman Safari Indonesia Hadirkan Bali Royal Chilli Festival 2024, Kupas Resep Sambal Legendaris Kerajaan di Bali

Untuk memuluskan harapan kedua belah pihak, tentunya Pertenunan Putri Ayu dituntut untuk lebih kreatif dengan mengkolaborasikan desain India-Bali. Terlebih lagi jika dilihat dari sejarahnya India dan Bali memiliki ikatan yang sangat kuat terutama dari keyakinan beragamanya.

Dubes India juga menjanjikan untuk turut mempromosikan Kain Endek Khas Bali di India. Baginya ada suatu kemiripan desain sehingga lebih memudahkan terjalinnya kerja sama. Namun perlu dilakukan suatu kolaborasi desain yang baik untuk lebih memudahkan memasarkan di India.

Sementara itu, pemilik Pertenunan Putri Ayu, Ida Bagus Surya Bhuana mengaku akan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas benang sehingga mampu menghasilkan kain berkualitas baik dengan desain menarik.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News