Subak
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bertepatan dengan Purnama Kesanga pada Jumat, (26/2/2021) Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta didampingi Kepala Dinas Pertanian Pemkab Klungkung Ida Bagus Juanida dan Camat Dawan menghadiri Upacara Melaspas Embung bertempat di Subak Abian Sari Merta Desa Adat Glogor Desa Pikat Dawan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida bagus Juanida menyatakan bahwa dana yang digunakan pada pembangunan Embung tersebut merupakan dana dari Kementerian Pertanian sebesar 120 juta rupiah.

Adapun Luas bangunan embung tersebut, yakni panjang 23 meter dengan lebar 7,15 meter, dan kedalam 3,17 meter, mampu menampung volume air sebanyak kurang lebih 522 m3, dan memiliki kemampuan mengeluarkan air kurang lebih 15 liter/detik. Pengisian Embung tersebut berasal dari curah hujan pada musim hujan.

Baca Juga :  Atasi Stanting, Bulog Kanwil Bali Kenalkan Produk Beras Fortivit

Ida Bagus Juanida menambahkan pembangunan embung ini dilaksanakan dengan menggunakan system Swakelola Padat Karya.

Kelian Subak Abian Sari Merta Nyoman Sudira Menyampaikan bahwa Subak Abian Sari Merta memiliki luas lahan 60 hektar yang digarap oleh 150 KK dengan mata pencaharian sebagai petani. Adapun lahan 60 Hektar tersebut, digunakan untuk menanam pohon Kelapa, tanaman umbi-umbian dan tanaman lainnya.

Nyoman Sudira mengharapkan dengan adanya embung ini dapat membantu pengairan pada lahan perkebunan saat musim kemarau tiba.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta mengharapkan agar keberadaan bangunan embung ini dapat digunakan dan dirawat dengan sebaik-baiknya. “Dengan adanya Embung ini juga dapat membantu perekonomian petani setempat,” ujarnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Ketentraman dan Ketertiban Umum, Pemkab Klungkung Jalin Keja Sama dengan TNI/Polri

Dalam Pelaksanaan melaspas Embung tersebut dipuput oleh pemangku setempat. Turut hadir dalam upacara tersebut, Camat Dawan I Dewa Gede Widiantara dan perangkat Desa Adat maupun Dinas dan krama subak serta undangan terkait lainnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here