Pertanian
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Guna meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan menyerap pekerja, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana kembali mendorong sektor pertanian untuk menjadi prioritas pembangunan.

Hal itu disampaikannya saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Buleleng Tahun 2022 yang dirangkaikan dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD di Kecamatan Tahun 2021 yang digelar secara virtual di Lobi Kantor Bupati Buleleng, Selasa (9/2/2021).

Agus Suradnyana menjelaskan hampir genap 12 bulan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng terus berupaya mendorong sejumlah sektor yang dinilai mampu  mendongkrak perekonomian masyarakat. Adapun sektor yang dinilai paling dominan di Buleleng adalah sektor pertanian. Di mana sektor ini memberikan kontribusi terbesar terhadap PDRB dan mampu menyerap tenaga kerja.

Perangkat Daerah teknis diminta untuk dapat bergerak selaras, terintegrasi guna mendukung pertanian Buleleng yang berimplikasi pada peningkatan nilai PDRB dan menyerap banyak pekerja. Buleleng adalah salah satu kabupaten di Bali yang berbasis pada pertanian. Sektor ini memberikan kontribusi terbesar terhadap PDRB hingga 21,35 persen dan juga penyerapan tenaga kerja sebesar 31 persen.

Baca Juga :  ‘Pemprov Bali Hadir’, Serahkan Bantuan Bedah Rumah Kepada Dua Warga Kurang Mampu di Buleleng

“Di sisi lain masyarakat miskin di Buleleng sebagian besar bekerja di sektor pertanian,” jelasnya.

Hadirnya Forum Konsultasi Publik ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan RKPD secara partisipatif. Untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi. Guna mengoptimalkan hasil pembangunan di wilayah masing-masing.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News