Reorientasi Pariwisata
Reorientasi Pariwisata dan Pasar Mancanegara di Masa Pandemi. Sumber Foto : Istimewa

“Mengapa industri ekonomi kreatif ini layak dikembangkan?, dikarenakan industri ini memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan, menciptakan iklim bisnis yang positif, membangun citra dan identitas bangsa serta daerah, berbasis kepada sumber daya yang terbarukan, menciptakan inovasi dan kreativitas yang merupakan keunggulan kompetitif suatu bangsa, serta memberikan dampak sosial yang positif selain dampak ekonominya,” imbuhnya.

Harapannya industri ini tidak hanya semata menjadi ‘brand yang keren’, namun implementasi pergerakan industrinya agar benar-benar membumi khususnya pada level Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bali, tidak semata pada skala perusahaan dengan kekuatan modal yang besar melalui pemberian stimulus usaha. UMKM sebagai salah satu penopang dari pertumbuhan ekonomi selama ini perlu mendapat perhatian, insentif yang tepat guna, serta tepat sasaran dalam menjaga asa semangat dari masyarakat secara luas.

Baca Juga :  Kembali Dipercaya, Kodam IX/Udayana Distribusikan Masker Gratis dari BNPB untuk Masyarakat

Penyatuan ‘frekwensi rasa’ dalam menghadapi pandemi ini maha penting termasuk di dalamnya menjaga kondusivitas sosial agar energi kita dalam ‘berperang’ melawan pandemi ini tidak habis sia-sia untuk hal-hal yang tidak produktif.

“Dengan prediksi pertumbuhan ekonomi Bali pada Tahun 2021 yang sangat optimis, yaitu berkisar antara 4,5% hingga 5,5% tentu menyelipkan rasa tanggung jawab Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang tinggi untuk dapat mewujudkannya, dan tanggung jawab ini tentu saja tidak dipikul sendirian oleh pemerintah namun perlu adanya sinergitas, kerja sama, kolaborasi, koordinasi, motivasi dan semangat kebersamaan yang tinggi, rasa kesetiakawanan social, bela Negara di antara segenap elemen masyarakat, baik itu tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan, NGO, pihak pengusaha swasta, investor, akademisi, generasi muda, angkatan kerja, wirausahawan muda serta institusi-institusi terkait dalam mewujudkannya,” tandasnya. (ads/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini