Bulan Bahasa
Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN Bagus Mataram saat membuka gelaran Bulan Bahasa Bali Tahun 2021 di Dharmanegara Alaya Kota Denpasar, Senin (15/2/2021). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bulan Bahasa Bali kembali digelar Pemkot Denpasar di tahun 2020. Meski ditengah pandemi, tak menyurutkan pelaksanaan event tahunan sebagai ajang pelestarian dan pengembangan sastra, bahasa dan aksara Bali ini.

Dengan menerapkan disiplin Protokol Kesehatan dalam balutan tema Wana Kerthi Sabdaning Taru Mahottama, Gelaran Bulan Bahasa Bali Tahun 2021 dibuka secara resmi Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN Bagus Mataram yang ditandai dengan pemukulan Gong di Dharmanegara Alaya Kota Denpasar, Senin (15/2/2021).

Baca Juga :  Rai Mantra Apresiasi Kinerja ASN, Selaraskan Program Pembangunan Berbasis Akuntabilitas

Dalam sambutanya, Walikota Rai Mantra menekankan bahwa Bahasa Bali merupakan bahasa ibu di Bali. Keberadaan bahasa, sastra dan aksara Bali menjadi jati diri masyarakat Bali. Karenanya, upaya pelestarian dan pengembangan bahasa, sastra dan aksara Bali harus terus digelorakan.

“Jika kreatifitas sudah didasari oleh kebudayaan Bali, itulah dinamakan jadi diri yang menjadi nafas pembangunan di Bali,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa lewat pelaksanaan Bulan Bahasa Bali ini tentunya dapat menjadi wahana pelestarian dan pengembangan kebudayaan Bali secara berkelanjutan. Rai Mantra mengaku bangga dimana pelaksanaan Bulan Bahasa Bali telah dilaksanakan dari tingkat desa/lurah, kecamatan hingga Kota Denpasar.

“Kedepanya tentu kita berharap segala kegiatanya terus dikembangkan sehingga mampu mendukung penguatan dan pengembangan budaya Bali, termasuk bahasa, sastra dan aksara Bali,” jelasnya.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini