Kepala BI
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pada bulan Januari 2021 Provinsi Bali kembali mencatat inflasi sebesar 0,79% (mtm), lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi nasional sebesar 0,26% (mtm). Berdasarkan perhitungan data BPS, inflasi terjadi di kedua kota perhitungan, yaitu kota Denpasar sebesar 0,77% (mtm) dan kota Singaraja (0,94%, mtm).

Meskipun secara bulanan inflasi Bali lebih tinggi dibandingkan dengan  inflasi nasional, namun secara tahunan, inflasi Bali pada bulan Januari tercatat 1,02% (yoy) lebih rendah dibanding inflasi tahunan sebesar 1,55%.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho mengatakan, peningkatkan inflasi di bulan Januari terjadi terjadi karena adanya peningkatan harga pada kelompok volatile food dan administered prices.

“Hal ini tercermin dari meningkatnya harga bahan makanan seperti cabai rawit dan daging ayam ras, serta harga yang diatur pemerintah seperti tarif angkutan udara serta rokok kretek filter. Meskipun demikian tekanan harga lebih mendalam tertahan dengan melandainya core inflation,” ujar Trisno, Senin (1/2/2021).

Baca Juga :  Mampu Berikan Pelayanan Terbaik, Puskesmas I Densel Dinilai Tim Provinsi Bali

Selain itu, kelompok volatile food mengalami kenaikan harga sebesar 3,82% (mtm) dibandingkan bulan sebelumnya. Peningkatkan harga terlihat untuk komoditas cabai rawit, mangga, daging ayam ras, daging babi, dan tempe. Peningkatan harga komoditas hortikultura disebabkan oleh masih terbatasnya pasokan di awal tahun pasca libur Nataru. Selanjutnya, peningkatan harga daging babi juga masih disebabkan oleh turunnya jumlah ternak babi secara signifikan, diakibatkan oleh virus yang menyerang pada tahun 2020.

Kelompok barang administered price mencatat peningkatan harga sebesar 0,50% (mtm). Peningkatan tekanan harga pada kelompok ini disebabkan oleh naiknya tarif angkutan udara, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan peningkatan harga di Desember 2020.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini