Vaksin Covid-19
Gubernur Bali Wayan Koster. Sumber Foto : Istimewa

Dikatannya, sasaran vaksinasi yang dilaksanakan selama lima hari ini adalah sebanyak 5 ribu orang, dengan jenis vaksin Sinovac. Karena vaksin ini adalah suplai yang datangnya paling awal.

Dalam melaksanakan vaksinasi sebagai upaya pemulihan pariwisata di tengah masa pandemi, pihaknya mengajak agar masyarakat turut mendukung pelaksanaan gerakan vaksinaai gotong-royong ini dan jangan takut untuk divaksin. Indonesia menggunakan empat jenis vaksinasi, yakni Sinovac, Astra Zeneca, Pfizer Inc and Biontech dan Novavax.

“Kita di Indonesia menggunakan empat jenis vaksin, karena dunia yang mengalami pandemi Covid-19 ini saling berebut untuk mendapat vaksin. Selama sudah lulus uji coba dan memiliki izin dari WHO dan juga BPOM lebih baik kita gunakan. Karena Indonesia mencatat jumlah warga meninggal akibat Covid-19 sebanyak tiga ratus orang per hari, dan sembilan ribu per bulan. Dan apabila kita menunda gerakan vaksinasi ini maka kematian akibat Covid-19 per tahunnya adalah 108.000 orang. Oleh sebab itu secepat-cepatnya kita lakukan vaksinasi untuk masyarakat luas. Dan vaksin ini bukan untuk bisnis, tetapi murni untuk social activity,” ungkap Menkes Budi Gunadi.

Diakuinya bahwa pemerintah tidak mungkin bekerja sendiri dan mesti menggandeng pihak lain. “Jadi kita memang harus membangun gerakan gotong-royong untuk dapat mempercepat pemulihan perekonomian. Di mana prinsipnya harus gratis diberikan kepada masyarakat. Sehingga konsep gotong-royong dari perusahaan masing-masing yang ada di Bali dapat menyiapkan vaksin dengan merk yang berbeda agar tidak terjadi persaingan suplay,” ujar Budi Gunadi.

Baca Juga :  Badung Gelar Pelatihan Kepada Seluruh Pengemudi Pariwisata

Menurutnya, dengan melakukan Bersama-sama maka kesuksesan dalam melawan Covid-19 akan cepat terwujud dan semua akan dapat merasakan manfaatnya.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang hadir melalui virtual menambahkan bahwa pemulihan pariwisata Bali melalui program gerakan vaksinasi nasional ini selalu menginspirasi seluruh dunia.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini