Tirta Gangga
Taman Wisata Tirta Gangga. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Berwisata di sebuah taman kerajaan bisa menjadi sebuah pengalaman yang baru dan menyenangkan. Terutama jika liburan yang anda habiskan bersama keluarga dilakukan dengan mengunjungi Taman Wisata Tirta Gangga Bali.

Pastinya keindahan alam dan kemegahan ornament kerajaan dapat ditemukan disini. Tirta Gangga dahulunya taman air milik Kerajaan Karangasem, yang dibangun oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Pada tahun 1946, Tirta Gangga berasal dari kata “Tirta” yang bermakna air suci dan “Gangga” yang merupakan nama sebua sungai suci di India.

Dari namanya inilah, dimaksudkan bahwa taman wisata ini memiliki air suci yang berasal dari sungai gangga, dan sebagai bentuk penghormatan kepada masyarakat pemeluk Agama Hindu. Tirta Gangga dibangun di lahan seluas 1,2 Hektar yang memanjang dari timur ke barat di kawasan persawahan.

Baca Juga :  Pembangunan Gedung MDA di 9 Kabupaten/Kota se-Bali Akhirnya Terwujud

Ada tiga bangunan yang menjadi ikon karakternya, yakni terdapatnya patung, bangunan kolam dan areal perkebunan. Semua bangunan tersebut memiliki makna tersirat di dalamnya.

Kondisi alam Tirta Gangga sangatlah sejuk, hal ini dikarenakan letaknya di kaki Gunung Agung. Keasrian dan kesejukannya yang membuat wisatawan sangat tertarik dan betah untuk berlama–lama mengunjungi objek wisata ini.

Suasana tenang dan damai Tirta Gangga sangatlah cocok sebagai pelepas lelah dan penghilang penat dari aktivitas kehidupan sehari–hari. Di gerbang pertama, wisatawan akan disambut oleh patung–patung yang berbaris rapi layaknya prajurit kerajaan.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here