Gong
Wabup Suiasa menyerahkan bantuan seperangkat Gong Semarandana kepada Krama Banjar Baler Pasar, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (16/1/2021) malam. Sumber Foto : Humas Badung

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyerahkan bantuan seperangkat Gong Semarandana kepada Krama Banjar Baler Pasar, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Sabtu (16/1/2021) malam.

Bantuan gong diterima Kelian Banjar Dinas Baler Pasar, I Ketut Sania. Acara tersebut juga dihadiri anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta dan Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa.

Wabup. Suiasa menyampaikan bantuan Gong Semarandana ini merupakan bagian dari komitmen Pemkab Badung dalam melestarikan seni, adat, agama dan budaya. Komitmen ini telah pula menjadi salah satu prioritas dalam Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) di Kabupaten Badung.

“Kami harapkan gong ini dapat dimanfaatkan dengan baik dalam meningkatkan kreativitas generasi muda dibidang seni karawitan maupun seni tari serta mendukung pelaksanaan yadnya,” jelasnya.

Baca Juga :  Disbud Buleleng Usulkan Tiga Tradisi untuk Meraih Predikat WBTB Tahun 2024

Dijelaskan pula bahwa Agama Hindu di Bali tidak bisa dilepaskan dari tiga hal yaitu, agama, budaya dan adat. Gong bagian dari kesenian dan budaya yang sudah menjadi bagian dari Agama Hindu. Untuk itu Suiasa mengajak masyarakat, selain mengajegkan seni dan budaya, juga yang terpenting meningkatkan sradha bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

“Seni adalah rasa, seni akan meningkatkan rasa persatuan kita, dimana seni berjalan dengan baik disana kramanya bersatu,” tambahnya.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News