Donor
Bakti Sosial Donor Darah oleh Kodim 1609 / Buleleng. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Kodim 1609/Buleleng kembali melaksanakan kegiatan sosial kemanusiaan berupa donor plasma konvalesen dan donor darah biasa, Kamis (7/1/2021). bertempat di Poli Bedah RST Singaraja Jalan  Ngurah Rai Nomor 70 Singaraja, Kelurahan Banjar Jawa, Buleleng.

Dalam kegiatan tersebut terdaftar 22 pendonor, namun demikian berdasarkan persyaratan kesehatan hanya 10 orang bisa melakukan donor plasma konvalesen dan 6 orang donor darah biasa. Sementara 6 orang lainnya tidak memenuhi persyaratan dengan alasan kesehatan.

Hal tersebut dijelaskan oleh Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto, S.E., M. I. K., yang juga saat itu melaksanakan donor.

“Hari ini kita melaksanakan donor plasma konvalesen dan juga donor darah biasa dan menghasilkan 10 donor plasma konvalesen dan 6 donor darah biasa dari berbagai golongan darah,” ujar Dandim.

Baca Juga :  Pj Bupati Lihadnyana Terima Rombongan Stula PKP ke Buleleng

Dijelaskannya, kegiatan kedua macam donor tersebut dilatarbelakangi adanya komunikasi dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Provinsi Bali Kantor RSUP Sanglah melalui Stafnya dr. Chandra Indria Sari yang mengatakan keterbatasan stok plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan mereka yang saat ini menderita Covid-19, termasuk stok donor darah biasa.

“Jadi kita bisa melaksanakan donor plasma konvalesen dari para penyintas dan juga para pendonor biasa yang berasal dari lingkungan Keluarga Besar TNI (KBT) yang ada di wilayah Buleleng,” tegasnya.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News