Donor
Bakti Sosial Donor Darah oleh Kodim 1609 / Buleleng. Sumber Foto : aar/bpn

Ketika ditanya lebih lanjut, terkait apa kegiatan donor tersebut, Letkol Windra secara lugas menjawab bahwa kegiatan donor tersebut tidak terkait adanya suatu kegiatan event khusus, tetapi spontanitas KBT di Buleleng yang dikoordinir oleh Kodim 1609/Buleleng. Sehingga ini murni kegiatan sosial kemanusiaan hasil kita berkomunikasi dengan UPTD PMI Provinsi Bali.

Pelaksanaan donor tersebut tetap mempedomani protokol kesehatan dengan melakukan pengecekan  suhu tubuh dan tensi atau tekanan darah bagi personel yang melaksanakan donor darah yang dilakukan oleh 5 orang Petugas UTD PMI Provinsi Bali.

Baca Juga :  Kolaborasi Tangani Stunting, Pj Bupati Buleleng Terima Kunjungan Pj Ketua TP PKK Provinsi Bali

Donor tersebut menghasilkan donor plasma konvalesen dari mereka mantan pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 atau penyintas sebanyak 10 orang dan donor darah biasa sebanyak 6 orang.

“Semoga kegiatan donor ini dan hasil yang didapatkan yang tentunya akan diuji dulu di Laboratorium UTD PMI Provinsi Bali nantinya dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan,” pungkas Dandim.

Sementara itu, Kepala Bidang Litbang dan Mutu UTD PMI Bali, dr Candra Indria Sari, mengatakan donor plasma konvalensen memang sangat diperlukan saat ini, terutama bagi pasien Covid-19 yang bergejala sedang hingga berat.

“Permintaan plasma konvalesen saat ini sangat tinggi, bukan hanya dari rumah sakit yang ada di Bali, tetapi juga luar Bali. Banyak yang antre untuk mendapatkan plasma tersebut dari pendonor,” ungkap dr. Chandra. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News