Anugerah Kebudayaan PWI Pusat
Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra saat melaksanakan presentasi final Anugerah Kebudayaan PWI Pusat secara virtual dari Graha Sewaka Dharma pada Kamis (14/1/2021). Sumber Foto : Humas Denpasar

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra sukses masuk 10 besar nominasi penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat. Dalam rangkaian tahap akhir penetapan penerima Anugerah Kebudayaan PWI ini dilaksanakan presentasi dan tanya jawab yang digelar secara virtual pada Kamis (14/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut Walikota Rai Mantra turut memaparkan presentasi bertajuk ‘Denpasar Kreatif dan Berbudaya Derap Langkah Menuju Orange Economy’.

Dalam paparanya Walikota Rai Mantra menjelaskan bahwa Kota Denpasar yang bergerak dalam Visi Denpasar Kreatif Berwawasan Budaya Dalam Keseimbangan Menuju Keharmonisan terus berupaya untuk mendukung penguatan kebudayaan. Hal ini dilandasi dengan adanya Perda Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepariwisataan Budaya serta Perda Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pelestarian Warisan Budaya.

Baca Juga :  Walikota Rai Mantra Luncurkan Aplikasi BIMA

Lebih lanjut dijelaskan bahwa dalam era modernisasi saat ini perpaduan antara kreativitas, pariwisata dan budaya menjadi penting dalam mendukung penguatan dan pemajuan kebudayaan. Karenanya, hal ini dikemas dalam bingkai orange ekonomi.

“Ekonomi, pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif berpadu dalam satu bingkai orange ekonomy sehingga dapat masuk pada segala sektor dan mendukung penguatan perekonomian berkelanjutan,” jelasnya

Rai Mantra menjelaskan beragam upaya telah dan akan terus dilaksanakan. Mulai dari pendataan obyek budaya melalui sistem informasi geografis, inventarisasi cagar budaya, restorasi dan pemugaran cagar budaya, penetapan situs cagar budaya, inventarisasi cagar budaya tak benda, penetapan warisan budaya tak benda.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here