Ekspor Lobster
Menteri KKP Lepas Ekspor Perdana Lobster Budidaya GPLI. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono melihat langsung panen lobster hasil budidaya dikelola PT. Lautan Berkah Perkasa (LBP) yang tergabung dalam asosiasi Gabungan Pengusaha Lobster Indonesia (GPLI) di Sumberkima, Buleleng, Bali. Hasil panen ini langsung diekspor ke China dan merupakan ekspor perdana lobster budidaya dari asosiasi GPLI.

“Ini adalah satu bukti, saya menyakini budidaya itu berkesinambungan, menjaga kelestarian lingkungan, kelestarian sumberdaya lobster,” terang Menteri Trenggono di Sumerkima Buleleng Bali, Rabu (20/01/2021).

Sehingga kalau ini bisa dikembangkan kata Menteri KKP terus dibeberapa wilayah yang lain akan sangat bagus, akan meningkatkan ekonomi nelayan di sini.

“Tadi saya melihat beratnya ada yang sampai satu kilo lebih dan itu waktunya satu tahun, ada juga 4 bulan sudah bisa panen. Satu luas sekotak ini nilainya bisa 24 ton, kalau rata-rata 1 juta, itu sudah Rp24 miliar. Itu sangat besar,” rincinya.

Baca Juga :  Keindahan Air Terjun Aling–Aling di Buleleng

Lebih lanjut dikatakan menteri KKP, kita harus yakini mampu dan bisa menahan diri. Jika nelayan menjadi bagian yang ikut dibina, mereka juga akan bisa ikut sejahtera.

“Tuhan sudah memberikan alam kita yang begitu luar biasa. Pesan saya jelas, budidaya ini akan kita kembangkan. Itu bukan menjadi tanggungjawab Dirjen Budidaya. Saya akan all out ini akan dapat dikembangkan di dalam negeri,” tegasnya.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here