Safety Riding
Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kegiatan safety riding diawal tahun 2021 dimulai dengan memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada 30 siswa SMKN 1 Amlapura secara online. Materi yang disampaikan sangat menarik, mengingatkan kembali pentingnya menggunakan helm dan selalu #Cari_Aman untuk selamat di jalan.

Kegiatan edukasi webinar secara online melalui Google Meet mendapat perhatian yang sangat antusias dari semua peserta yang terbukti ontime mengikuti acara dan pertanyaan yang kritis dari peserta.

Dalam materi presentasi yang dipaparkan Team Safety Riding Astra Motor Bali, dipertegas mengenai  pentingnya menggunakan helm karena salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas di tahun 2019 adalah pengguna sepeda motor di usia 14-39 tahun yang mengabaikan penggunaan helm saat di jalan raya maupun berboncengan.

Selain itu, beberapa hal yang menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan diantaranya faktor manusia yang kurang memahami pengetahuan berkendara yang baik di jalan raya selain itu teknik-teknik saat di jalan raya menjadi salah satu hal penting yang perlu mendapat perhatian. Kondisi kesehatan pengemudi juga tidak boleh diabaikan serta bagaimana si pengendara dapat mengendalikan emosi ketika mengemudi kendaraan bermotor karena memerlukan konsentrasi yang tinggi serta etika berlalu lintas.

Baca Juga :  Disdikpora Badung Matangkan Teknis PPDB 2024/2025 melalui Sosialisasi kepada Kepsek SD dan SMP Negeri

Kondisi kendaran juga menjadi salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan yakni selalu melakukan perawatan berkala dan tidak melakukan modifikasi yang berlebihan. Selanjutnya faktor lingkungan juga menjadi salah satu yang mendapat perhatian seperti cuaca, kondisi jalan dan juga pengguna jalan lain.

Dari faktor tersebut diatas, dominan terjadinya kecelakaan adalah dari faktor manusia, untuk itu beberapa hal penting yang dipaparkan terkait perlengkapan berkendara yang wajib diperhatikan diantaranya perlindungan kepala yakni helm yang berfungsi dapat mengurangi dampak negatif saat terjadi benturan. Selain itu perlunya jaket, celana panjang, sarung tangan sebagai salah satu mencegah tubuh kontak langsung dengan jalan sehingga mengurangi efek negatif benturan.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News