Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau titik lokasi mata air di Desa Manduang, Minggu (13/12/2020).

Lokasi tersebut tepatnya di perbatasan Manduang dan Akah, yakni Dusun Hyang Api, Tirta Muncrat dan Tirta Suranadi. Lokasi mata air tersebut nantinya digunakan sebagai sumber air minum yang akan dikelola dengan sistem Pamsimas.

Bupati Suwirta menyatakan dari semua tempat yang dikunjungi kemungkinan dapat menghasilkan debit air sekitar 5-6 liter/detik. Apabila dibandingkan dengan jumlah penduduk Desa Manduang berjumlah kurang lebih 500 KK, maka dibutuhkan debit 5 liter/detik untuk bisa dikelola dengan sistem Pamsimas.

Saat meninjau sumber mata air Tirta Suranadi, Bupati Suwirta menyambut baik inovasi perangkat desa setempat yang akan memanfaatkan mata air tersebut menjadi kolam renang untuk mendukung desa wisata.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

Terkait hal itu, Bupati Suwirta menugaskan Dinas PUPRPKP, PDAM dan perangkat desa agar berdiskusi perihal pemakaian debit air untuk kolam renang dan Pamsimas.

“Jangan sampai ketika kita menggunakan debit air untuk Pamsimas maka debit air menjadi berkurang dan akan mempengaruhi keberadaan kolam renang yang digunakan sebagai pendukung desa wisata di Desa Manduang,” ujar Bupati Suwirta.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News