Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYARPengujung tahun 2020, Kabupaten Gianyar mendapatkan kado spesial berupa raihan penghargaan sebagai kabupaten peduli HAM. Penghargaan diserahkan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana SukawatiĀ dan diterima Wabup Gianyar Anak Agung Gde Mayun di Gedung Wiswasaba Utama Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Senin (14/12/2020).

“Penghargaan ini diberikan atas upaya Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam membina dan mengembangkan kabupaten yang peduli HAM berdasarkan capaian implementasi Hak Asasi Manusia,” jelas Wabup Anak Agung Mayun didampingi Kabag Hukum I Ketut Sedana, usaiĀ  Ā menerima penghargaan.

Baca Juga :  Buka Mobile IP Clinic 2024, Sekda Dewa Indra Dorong Layanan Pencatatan Kekayaan Intelektual Jemput Bola ke Masyarakat

Gianyar dinilai sudah memenuhi implementasi HAM antara lain, hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

DariĀ indikator penilaian tersebut, Gianyar memperoleh nilai 86,86, tertinggi diantara kabupaten/kota di Bali yang saat bersamaan juga meraih penghargaan yang sama.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk dalam kesempatan itu menyampaikan, pemberian penghargaan dalam rangka memperingati hari HAM se dunia ke-72 bertujuanĀ  menambah semangat kerja dan memotivasi kabupaten/kota untuk lebih maksimal memberi pelayanan kepada masyarakat khususnya berbasis HAM.

“Penghargaan untuk memotivasi pemerintah daerah kabupaten atau kota untuk melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM serta untuk meningkatkan sinergitas satuan kerja perangkat daerah,” terangnya.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

Adapun kriteria yang ditetapkan ada tiga, yaitu kabupaten peduli HAM, kabupaten cukup peduli HAM, dan kurang peduli HAM. Sehingga dengan demikian Kabupaten Gianyar salah satu penerima pada kriteria paling tinggi yang diserahkan serentak di seluruh Indonesia.

Sebelum penyerahan penghargaan di masing-masing daerah, dilaksanakan kegiatan secara virtual serentak bagi kabupaten/kota di Indonesia yang meraih penghargaan, dimanaĀ Presiden RI Joko Widodo memberikan kata sambutan. (ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News