Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wilayah Kuta Selatan, Kabupaten Badung diguncang gempabumi tektonik pada Selasa (22/12/2020) pukul 19.46.51 WITA. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,3. Episenter terletak pada koordinat 9.00 LS dan 115.17 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km Barat Daya Kuta Selatan dan kedalaman 78 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo Australia yang menujam ke Lempeng Eurasia,” ujar Plt Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan.

Baca Juga :  Bentuk Pengendara Motor yang Baik, Astra Motor Bali Ajak Kartini Muda Menjadi Generasi #Cari_Aman

Dikatakan, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kuta Selatan II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 20.10 WITA, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

“Masyarakat kami imbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” ungkapnya. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News