Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjadi narasumber dalam acara APCAT 5Th The Asia Pasific Summit of Mayor melalui video conference bertempat di ruang kerja Kantor Bupati Klungkung, Jumat (18/12/2020).

Selain Bupati Suwirta, juga menampilkan beberapa narasumber diantaranya Dr. Gan Quan yang memberikan materi mengenai Global Tobacco Control, Dr. Guy Fones memberikan materi mengenai Global NCDs dan Dr. M Subuh memberikan materi Covid-19 and Health Lung.

Selain itu kepala daerah se-Asia Pasifik turut berbagi pengalaman mengenai penanganan pandemi Covid-19 dan pengendalian tembakau di daerah masing-masing. Adapun kepala daerah tersebut antara lain I Nyoman Suwirta (Bupati Klungkung), Dr. Myo Aung (Myanmar), Han Kosal (Kamboja), Haryadi Suyuti (Yogyakarta), Jose Martinho Dos Santos Soares (Timur Leste),  Dr. K.H. Mohammad Idris (Depok), Gazi Kamrul Huda Selim (Bangladesh), Gaspar Soares (Kota Dili Timor Leste), dan Manjunath Prasad (India).

Bupati Suwirta menyampaikan bahwa untuk mengontrol penggunaan tembakau di daerah diperlukan beberapa hal, yakni komitmen yang kuat dari kepala daerah dan jajarannya, serta melibatkan stake holder terkait; sosialisasi dan pendekatan persuasif dengan melibatkan generasi muda, tokoh masyarakat; transparasi; serta akuntabilitas.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Dikatakan, Klungkung telah mencapai beberapa hasil yang luar biasa terkait pengontrolan tembakau, diantaranya prevalensi merokok terendah di Bali sebesar 13,5 persen dan tidak ada lagi iklan tembakau outdoor dan point of sale di wilayah Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta mengajak masyarakat untuk berpikir secara global dan bertindak secara lokal dalam mengontrol penggunaan tembakau.

“APCAT merupakan acara penting, bagi saya dan mari kita semua dapat mengimplementasikan pengalaman yang dibagikan oleh para narasumber kepada masyarakat di daerah masing-masing agar dapat mengontrol penggunaan tembakau di masyarakat,” ujar Bupati Suwirta. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News