Desa Panji Anom
Sumber Foto : Humas Buleleng

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Bupati Buleleng, Bali Putu Agus Suradnyana mendorong pariwisata Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada untuk lebih dikembangkan. Dorongan itu disampaikannya saat mengunjungi Desa Panji Anom, Selasa (1/12/2020).

Desa Panji Anom dikenal dengan potensi pariwisata yang luar biasa. Pemandangan alam yang indah, jalur trekking, air terjun hingga dengan wisata religiusnya. Dengan potensi itu, pemerintah desa didorong untuk lebih mengembangkan pariwisatanya.

Agus Suradnyana juga meminta kepada seluruh masyarakat desa agar tidak dulu menjual tanah pribadinya kepada pihak luar. Sembari menunggu perbaikan akses jalan yang dapat membuka peluang bagi para investor untuk berdatangan.

“Saya merasa beruntung sekali dapat berkunjung ke Desa Panji Anom, pemandangannya luar biasa tentu ini dapat meningkatkan imun kita. Saya minta jangan ada yang menjual tanahnya dulu. Jika dapat melakukan kerjasama dengan investor tentunya dengan nilai pembagiannya 75 berbanding 25 persen,” katanya.

Baca Juga :  Putri Koster: Berikan Ruang untuk Perempuan sehingga Kesetaraan Gender Terwujud

Saat ini, pergeseran masyarakat lokal dari orang luar sangat mengkhawatirkan orang-orang dari luar. “Dari pengalaman di desa lain, ada sebagian besar kepemilikan lahan telah dimiliku oleh orang dari luar. Sebagian besar tidak paham dengan koefisien dasar bangunan. Tidak paham dengan pelestarian lingkungan dan tidak tahu dengan teori kapasitas.

“Yang artinya berapa luas yang terbangun dan berapa kemampuan lahan tersebut dalam menyerap air,” ucap Agus Suradnyana.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here