Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

Ditambahkannya, pada 14 Mei lalu Presiden Joko Widodo telah meluncurkan program Bangga Buatan Indonesia, dan Kementerian Perdagangan turut andil dalam kegiatan tersebut. Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk mempromosikan produk-produk UMKM secara Daring melalui Virtual Expo Pernak-Pernik Unik dan pameran secara Luring (In Store Promotion).

Lebih lanjut disampaikan bahwa di masa adaptasi kebiasaan baru ini terjadi pula pergeseran pola konsumsi masyarakat dari Luring ke Daring. Namun UMKM diharapkan mampu menerapkan penjualan produk secara Hybrid, yaitu kombinasi antara Luring dan Daring.

Baca Juga :  Lewat DTIK Festival 2024, Kota Denpasar Terus Dorong Digitalisasi dan Kolaborasi

“Supaya UMKM mampu menjaga kontribusi 60 persen dari total PDB, menyerap 96 persen tenaga kerja dari total 133 juta angkatan kerja, serta sumbangsih 14 persen dari total ekspor,” imbuhnya.

Yassir Nussa menyampaikan ada tiga hal penting bagi para pelaku UKM, yaitu Perbaikan Kemasan, Branding dan Peningkatan Akses Pasar yang harus konsisten dan terus diperluas. Untuk itu partisipasi Kementerian Perdagangan di Bali UMKM Expo 2020 ini merupakan bukti nyata untuk meningkatkan perekonomian Nasional secara umum dan Bali secara khusus.

Baca Juga :  Gelar Apel Kesiapsiagaan, Dinsos P3A Bali Peringati HUT Ke-20 Tagana dan Pengukuhan Forum Komunikasi Tagana Provinsi Bali Periode 2024-2029

“Bali pasti bangkit dan Bali pasti pulih kembali setelah masa pandemi ini. Semoga melalui ajang ini dapat menambah akses pasar, dan bagi para pelaku usaha agar terus meningkatkan kreativitas, inovasi dan turut serta dalam menjaga stabilitas pertumbuhan konsumsi nasional di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Bali UMKM Expo 2020 berlangsung selama tiga hari hingga 20 Desember 2020 dan dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.

“Ajang ini sangat bagus karena memberi ruang bagi para UMKM untuk berkreativitas sekaligus mempromosikan produknya. Kita tahu bersama sebelumnya kita sempat ‘tidur’ karena pandemi, nah kini saatnya kita bangkit, UMKM bisa eksis kembali dan perekonomian Bali bisa tumbuh lebih baik,” ujar salah satu peserta pameran sekaligus pemilik Taksu Design, Ketut Adi Pranajaya. (dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News