Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNGUpaya Pemerintah Kabupaten Badung untuk terus berinovasi dengan meningkatkan kinerjanya dalam mensejahterakan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan peran masyarakat, serta peningkatan daya saing daerah mendapat pengakuan pemerintah pusat.

Segala bentuk inovasi yang dilakukan oleh Pemkab Badung akhirnya berbuah manis dengan dinobatkannya Badung sebagai salah satu kabupaten sangat inovatif se-Indonesia, dalam ajang Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2020 yang digelar oleh Kemendagri.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri Matheos Tan kepada Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam ajang yang berlangsung di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (18/12/2020).

Baca Juga :  Bupati Mahayastra Sampaikan Jawaban Atas PU Fraksi DPRD Gianyar

Sekretaris Badan Litbang Kemendagri Kurniasih melaporkan  Kementerian Dalam Negeri memberikan predikat sangat inovatif dan terinovatif kepada pemerintah daerah berdasarkan pengukuran indeks inovasi daerah tahun 2020 yang merupakan apresiasi pemerintah terhadap semangat daya upaya serta keberhasilan pemda dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.

“Kemendagri melalui BPP telah melakukan tahapan penjaringan berupa penginputan data yang dilakukan oleh pemerintah daerah terhadap penerapan inovasi daerah yang dilaksanakan oleh daerah secara online sejak tanggal 14 Mei 2020 melalui aplikasi indeks inovasi daerah Kemendagri. Aplikasi tersebut adalah aplikasi yang dibuat khusus dalam rangka penilaian indeks inovasi daerah dan dapat dilihat secara transparan oleh semua pihak,” Jelasnya.

Baca Juga :  Tekan Jumlah LPD Bermasalah, Kejari Badung Gelar Penerangan Hukum

Sedangkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri Agus Fatoni mengapresiasi kerja keras 195 pemda yang mendapatkan predikat sangat inovatif.  Pihaknya pun menyoroti adanya peningkatan layanan publik dan tata kelola pemerintahan. Pasalnya, tercatat ada 14.897 inovasi yang mengikuti Innovative Government Award (IGA) 2020. Jumlah itu meningkat dibandingkan pada 2019 yang hanya berjumlah 8.014 inovasi. “Artinya ada peningkatan antusiasme pemda dengan persentase 85 persen,” ungkapnya.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here