Gula Pedawa
Sumber Foto : Humas Buleleng

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENGGuna meningkatkan daya jual Gula Bali Pedawa (gula merah) sebagai salah satu produk unggulan yang diproduksi oleh masyarakat Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali menyiapkan merek dagang. Selain itu, akan dilakukan pengemasan yang baik  sehingga mampu meningkatkan daya saing dan daya jual yang lebih tinggi di pasaran.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana saat menerima audiensi Kelompok Tani Getah Uyung Desa Pedawa di Rumah Jabatan Bupati Buleleng, Selasa (24/11/2020).

Agus Suradnyana menjelaskan selain penyiapan merek dagang dan pengemasan yang baik ini sangat diperlukan guna meningkatkan daya jual gula bali Pedawa. Namun, sebelum itu, peningkatan produksi akan dilakukan. Dengan mengajak masyarakat sekitar untuk melakukan pembibitan dan penanaman pohon jaka (aren) melalui Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng. Selanjutnya, dilakukan penanaman di beberapa tempat di Desa Pedawa sendiri.

Baca Juga :  Badung Buka Lowongan Direksi PDAM Tirta Mangutama

“Karena dulu perkebunan jaka (aren) di Desa Pedawa sudah dialih fungsikan menjadi kebun cengkeh,” jelasnya.

Selain memiliki keunggulan dan kualitas terbaik di Buleleng, gula Bali Pedawa masuk dalam kategori The Spirit of Sobean Buleleng. Oleh sebab itu dirinya juga mengintruksikan Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagprinkop UKM) Kabupaten Buleleng untuk mengkoordinir usaha pemasaran.

Salah satunya dengan merapatkan para pengrajin gula Bali Pedawa. Baik dalam penyiapan merek dagang, cara pengemasannya hingga pengelolaan melalui BUMDes Desa Pedawa. Serta pemasarannya sehingga harga jual gula Bali Pedawa bisa lebih ditingkatkan lagi.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here