Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – SMA Negeri 7 Denpasar tergolong sekolah favorit di kalangan masyarakat. Terbukti, sekolah yang berlokasi strategis di Jalan Kamboja Denpasar ini menjadi rebutan hingga jumlah siswa yang diterima nyaris dua kali lipat dari kapasitas yang ada. Hal ini pula menjadikan SMAN 7 Denpasar menerima siswa terbanyak diantara SMA negeri lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala SMAN 7 Denpasar, Dra. Cokorde Istri Mirah Kusuma Widiawati, M.Sos menyampaikan bahwa penerimaan siswa merupakan kebijakan dari Dinas, bukan hak pribadinya. Namun pihaknya melakukan antisipasi dengan menyiapkan sarana prasarana. Mengingat saat ini menerapkan sistem pembelajaran online (daring) maka aplikasi diperbanyak.

Baca Juga :  Atasi Blind Spot di Jalan Raya, Puluhan Siswa Dapatkan Edukasi #Cari_Aman

“Jumlah siswa kami tahun ini yang kelas 10 mencapai 600-an orang, kami siapkan 9 aplikasi dimana 1 aplikasi dipakai untuk 300 orang, sehingga bisa juga digunakan oleh guru-guru untuk mengajar secara paralel,” ujar Cok Istri, sapaannya.

Diakuinya, memang ada sedikit beban untuk mengajar siswa dalam jumlah banyak, dimana guru yang seharusnya mengajar satu kelas akhirnya mengajar dua sampai tiga kelas sekaligus. Namun semuanya bisa teratasi dengan adanya penambahan aplikasi tersebut. Selain itu pihak sekolah memberikan kuota internet kepada siswa dan guru.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Upayakan Berbagai Langkah Preventif Guna Tekan Angka Stunting 

“Kami sisihkan dari anggaran BOS untuk biaya kuota kepada para siswa dan guru masing-masing 50 ribu perbulan, setelah itu barulah ada pemberian kuota dari Kemendikbud,” jelasnya.

Strategi lainnya, menurut Cok Istri, adalah menerapkan pembelajaran dari pukul 07.30 – 13.00 WITA, dan pukul 15.00 – 16.00 WITA sebagai Merdeka Belajar seperti yang digaungkan Mendikbud. “Selama Merdeka Belajar itu, kalau ada siswa yang mau bertanya soal pelajaran, silakan manfaatkan waktu itu dan para guru wajib melayani,” paparnya.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News