Mossel Bay Afrika Selatan
Sumber Foto : Humas Denpasar

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai bentuk kerja sama Sister City Pemkot Denpasar dengan Pemerintah Kota Mossel Bay, Afrika Selatan, ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dengan Walikota  Mossel Bay, Alderman Harry Levendal pada 27 Nopember 2019 lalu.

Sebagai tindak lanjut dari kerja sama dua kota lintas benua ini, dirangkaikan dengan Denpasar Festival ke-13 dilaksanakan launching “Mossel Bay Room” di Dharma Negara Alaya (DNA), Denpasar. Launching dilaksanakan secara virtual oleh Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, pada Jumat (27/11/2020).

Pelaksanaan launching ini dalam rangka memperingati hubungan kerja sama dengan Pemerintah Kota Mossel Bay yang telah berjalan selama satu tahun sejak ditanda tanganinya MOU bersama kedua kota. Untuk diketahui bahwa pelaksanaan launching “Mossel Bay Room” sebagai balasan peresmian ruang pertemuan ‘Denpasar’ di Kantor Municipality Mossel Bay beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Peringatan 1 Abad RSUD Wangaya Kota Denpasar

Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa bahwa kerja sama sister city akan membuka akses pasar baru di berbagai sektor. Selain itu, dari kerja sama ini juga dapat meningkatkan kemiteraan khususnya bagi para pelaku UMKM yang akan memberikan kontribusi besar bagi ekonomi kedua kota.

“Kami berharap kerja sama ini dapat menjadi ajang tukar inovasi serta ide kreatif dalam upaya saling menguatkan dan menggali potensi kedua kota di berbagai sektor, baik seni budaya, kearifan lokal, pariwisata, ekonomi, pelayanan publik dan pembangunan, sehinga upaya untuk memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat dapat tercipta secara berkelanjutan,” harap Rai Mantra.

Kabag Kerja Sama Setda Kota Denpasar, IGA Laxmi Saraswaty menjelaskan, hubungan kerja sama antara Kota Mossel Bay dengan Kota Denpasar membuka cakrawala bagi hubungan kerja sama bilateral di bidang budaya dan promosi pariwisata.

Baca Juga :  Pemkab Buleleng Wajibkan Anak Ikut PAUD Sebelum Masuk Sekolah Dasar

“Pengembangan ekonomi kreatif serta kapasitas sumber daya manusia yang melatar belakangi digagasnya kerja sama ini membuka pangsa pasar baru di kawasan benua Afrika dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Kota Denpasar,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, hubungan Sister City Kota Denpasar dengan Kota Mossel Bay juga sejalan dengan hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Afrika Selatan yang telah berjalan sejak tahun 1994 serta sinergitas program pengembangan jaringan melalui pengembangan jaringan kerja sama luar negeri antara Pemerintah Kota Denpasar dengan Pemerintah Kota Mossel Bay agar dapat dirasakan manfaat oleh kedua kota tersebut.(humas-dps/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here