Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANABupati Jembrana I Putu Artha menghadiri peresmian rumah coklat dan penyerahan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Kelompok Wanita Tani (KWT) Kusuma Sari, Kelompok Tani Ternak (KTT) Merta Abadi dan Kampung Mandiri Vaname di Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya, Jumat (27/11/2020).

Kegiatan tersebut juga dihadir Anggota DPR RI Komisi XI I Gusti Agung Rai Wijaya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, Camat Melaya I Putu Gde Oka Santhika beserta seluruh kelompok petani kakao se-Jembrana.

Baca Juga :  Candrawati Tamba dampingi PJ Ketua Dekranasda Bali Kunjungi Pengerajin IKM Jembrana 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho dalam sambutannya menyampaikan Bank Indonesia (BI) sangat konsen dalam mendukung pengembangan komiditas kakao Jembrana. Apalagi saat ini kakao Jembrana memiliki kualitas yang baik sehingga mampu menembus pasar Internasional.

Salah satunya melalui melalui  program PSBI,  pada hari ini dilakukan peresmian rumah produksi cokelat yang didalamnya dilengkapi dengan mesin produksi biji cokelat dengan harapan nantinya KWT Kusuma Sari yang sudah dibekali ilmu pengolahan biji cokelat dapat menghasilkan aneka olahan-olahan cokelat yang mampu dipasarkan sebagai sovenir bagi masyarakat yang berkunjung ke Jembrana serta kepada KTT Merta Abadi juga diserahkan berupa 7 unit infrastruktur diantaranya sumur bor, motor roda tiga, cultivator, gerobak dorong, mesin penyemprot, dan hand sprayer.

Baca Juga :  Capai 71%, Revitalisasi Pasar Umum Negara Target Rampung Sesuai Jadwal

Disamping itu BI juga mencoba pengembangan udang paname di Jembrana dengan menyerahkan bantuan kepada kelompok tani berupa rumah pakan, plastik terpal kolam, pompa air dan kincir air untuk digunakan pada kolam budidaya udang paname.

“Semoga pengembangan komiditas kakao dan udang paname yang ini kedepannya dapat berjalan dengan optimal. Seperti diketahui kakao Jembrana saat ini telah menjadi primadona di dunia internasional, sehingga tidak hanya mengharumkan nama Jembrana secara Internasional namun juga memberikan maanfaat ekonomi kepada para petaninya yang akan berdampak pula pada meningkatnya kesejahteraan dari petani kakao tersebut,” ujarnya.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News