Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Pemkab Tabanan yang diwakili oleh Sekda Tabanan I Gede Susila, menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) TA 2021 sebesar Rp1,23 triliun dari Pemprov Bali, Kamis (26/11/2020). DIPA tersebut diserahkan Gubernur Bali I Wayan Koster, di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali.

Diatakan, DIPA tersebut sebagai dasar dalam penggunaan anggaran yang telah disetujui pemerintah pusat. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penyerahan DIPA secara nasional oleh presiden kepada para menteri, gubernur, dan pimpinan lembaga nonkementerian.

Baca Juga :  Rai Wahyuni Sanjaya Berkolaborasi dengan Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Bali Atasi Stunting

“Dengan penyerahan DIPA pada November 2020, diharapkan kementerian, lembaga dan daerah lain bisa melakukan pelelangan pekerjaan, sehingga dapat merealisasikan program mulai awal Januari 2021,” ujar Koster.

DIPA ini memiliki peran sebagai penjabaran program pembangunan dan pelayanan, yang merupakan amanah rakyat yang harus direalisasikan dengan penuh tanggung jawab. “Prioritas nasional 2021 yang didukung pencapaian dengn alokasi anggaran, menguatkan ketahanan ekonomi, untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan, megembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan,” ujarnya.

Selain itu, meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. Menguatkan infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar, membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim, serta menguatkan stabilitas politik hukum dan pertahanan keamananm serta transformasi pelayanan publik.

Koster pun memastikan setiap rupiah yang dibelanjakan dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat. Penggunaan anggaran harus betul-betul fokus, memiliki prioritas yang jelas, dengan sasaran yang terukur. “Supaya anggaran yang ada itu betul-betul efektif dan efisien, dan dapat meningkatkan perekonomian, serta kesejahteraan masyarakat.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News