Internet
Sumber Foto : https://www.freepik.com

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTASejak pandemi Covid-19 masyarakat mulai memasuki kebiasaan baru termasuk belajar dan bekerja dari rumah. Kedua aktivitas tersebut menjadikan konsumsi untuk internet meningkat tajam.

Pakar Teknologi Informasi dari UGM, Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T., membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota internet. Penghematan kuota paket data dapat melalui dua pendekatan yakni pendekatan perangkat dan pendekatan aplikasi.

Ia menjelaskan pada pendekatan perangkat dikaitkan dengan fitur bawaan yang sudah tersedia yang sudah aktif atau dapat diaktifkan pada komputer maupun ponsel. Umumnya pada pelajar dan mahasiswa menggunakan dua perangkat tersebut dalam mengakses pembelajaran.

Untuk menghemat kuota data internet pada ponsel dilakukan dengan mengaktifkan fitur penghemat data yakni data limit dan billing cycle. Lalu mematikan fitur auto sync, auto download, dan background data. Kemudian memperbarui/ update aplikasi secara manual dan selektif.

“Kurangi streaming atau menonton dengan resolusi rendah 5 Mbps,” terangnya saat dihubungi Kamis (5/11/2020).

Berikutnya pada komputer menghemat kuota bisa dilakukan dengan mengaktifkan metered connection saat melakukan tethering. Selanjutnya set data limit, restrict background data, matikan update dan pengaturan sinkronisasi.

Baca Juga :  Satu-satunya di Bali, Buleleng Berstatus Zona Kuning Covid-19

Lebih lanjut Kepala Program Studi S1 Teknologi Informasi Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM ini menjelaskan tentang penghematan kuota data dengan pendekatan aplikasi. Caranya saat memakai aplikasi browser gunakan kompresi data. Lalu, ketika menggunakan aplikasi video conference/meeting matikan video dan audio ketika tidak dibutuhkan dan nyalakan hanya saat diperlukan.

“Kurangi resolusi video ke 720 pixel karena video resolusi tinggi/HD cukup besar menyedot data,” terangnya.

Selanjutnya matikan notifikasi dan auto upload pada aplikasi media sosial. Jangan lupa juga untuk memilih dan menggunakan aplikasi yang hemat data.

“Pilih aplikasi yang hemat data, misal kalau WA ada WA Lite, Skype ada Skype Lite dan sebagainya,” tuturnya.(ika/humas-ugm/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here