GEMACIPA
Ketua KPID Bali, I Made Sunarsa (tengah). Sumber Foto : dar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali akan menggelar KPID Bali Awards Tahun 2020 pada 29 November 2020. Penyelenggaraan kali ini mengangkat tema “Melalui KPID Bali Awards Kita Wujudkan Kecintaan Masyarakat Terhadap Industri Penyiaran”.

Ketua KPID Bali, Made Sunarsa mengungkapkan penyelenggaraan tersebut menjadi bagian dari Gerakan Masyarakat Cinta Penyiaran (GEMACIPA) 2020 bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali sebagai wujud semangat bersama untuk menggairahkan penyiaran di Bali yang akhirnya mewujudkan masyarakat Bali yang cerdas, update informasi tanpa hoax, meningkatkan kreativitas dan inovasi, serta memiliki integritas dan loyalitas kepada daerah Bali khususnya dan Indonesia umumnya.

“GEMACIPA 2020 merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan untuk menjawab tiga tantangan besar penyiaran,” ungkap Sunarsa saat jumpa pers di Denpasar, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga :  Besok, Astra Motor Bali Gelar “Honda Matic Power Competition” Uji Performa Sepeda Motor Honda

Pertama, keterdesakan dari media-media baru yang online dan digitalisasi, dimana konten yang ditawarkan lebih menarik dengan media yang lebih praktis seperti Hp. Meskipun kita juga tahu bahwa terkadang kontennya banyak mengandung hoax dan hiburan yang tidak sehat.

Kedua, kreativitas konten yang sesuai dengan azas dan tujuan penyiaran sebagai media informasi, media pendidikan, media hiburan sehat dan media kontrol dan perekat sosial.

Ketiga, partisipasi publik, dimana masyarakat tidak banyak yang mau berpartisipasi dalam bentuk aduan ataupun saran yang ditujukan kepada lembaga penyiaran maupun kepada KPID terkait siaran yang kurang baik atau terindikasi melanggar.

“Selama ini KPID Bali memberikan sanksi kepada lembaga penyiaran berdasarkan atas pengawasan tim monitoring KPID Bali,” jelasnya.

Baca Juga :  Melepas Matahari 2020, Denpasar Gelar Permainan Rakyat dengan Prokes yang Ketat

Ditambahkan, bentuk kegiatan GEMACIPA diantaranya webinar digitalisasi penyiaran, lomba iklan layanan masyarakat cintai penyiaran, siaran berbahasa Bali serentak di radio dan televisi di seluruh Bali, pembagian seribu radio kepada masyarakat, Radio Academy III tahun 2020, serta KPID Bali Awards Tahun 2020.

“KPID Bali Awards untuk memberikan apresiasi kepada insan penyiaran yang telah menyajikan siaran dengan baik sesuai dengan ketentuan. Apresiasi diberikan kepada 12 katagori siaran dan 1 katagori khusus, yaitu penganugerahan Life Time Achievment kepada tokoh yang telah mendedikasikan dirinya kepada penyiaran dan kemajuan penyiaran,” pungkasnya sembari menyebutkan tahun ini KPID Bali Awards diikuti 57 lembaga penyiaran Radio dan TV. (dar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here